Kawah Wurung Adventure Time!: Touring Angkatan Bersama Teknik Mesin 2012

                Holla, Holla Selamat Pagi!
                Just wake up dan langsung kepikiran update blog (walo mata masih lengket eewh). Itu  menunjukkan kalo aku sayang kan sama kaliaaaaaan. #eaaa (‘kalian’ ini siapa maksudnya, Fhay? Followers aja nggak punya ini hihihi :’0)
                Well, topik perbincangan kita kali ini nggak lain dan nggak bukan adalah…………Yup! Lagi-lagi curhatan. Kenapa sih kok curhat melulu? Karena,yeah, ini kan blog blog eike, serah eike dong mau ngapain hihihi *disiram kuah cilok*
                Jadi tuh sebenernya update ini agak telat (banget). Karena satu dan lain hal, akhirnya baru bisa sekarang. Tapi trust me, ini udah dipersiapin dari kemarin-kemarin kok. Jadi pas hari ini tinggal nambah-nambahin aja plus ngasih foto2 (karena kemarin Raphael masih dipinjem Paltom). Bagi yang kepo siapakah Raphael dan Paltom, itu obvious banget. Silahkan cek sosial mediaku yang mana aja. FB, Twitter, Ask.fm, Instagram, Path, semuanya ada. Next time aja story lengkapnya nya karena aku lagi nggak ngebahas soal mereka di posting kali ini.
                Jadi, kita mulai aja ya ceritanya. Begini.
                Diawali dari kemarin hari Kamis tanggal 24 Maret 2016 itu si Paltom dateng kekosan seperti biasa dan  tiba-tiba bilang. “Eh, ada touring angkatan besok ke Kawah Wurung. Ikut yuk.”
                Buat informasi aja, Paltom adalah mahasiswa angkatan 2012 Teknik Mesin Universitas Jember.
                Oke, lanjuuut.
                Setelah dia bilang gitu, tanpa ragu aku langsung aja bilang ‘IYA’ semangat bin excited gitu, yeah, karena menimbang alasan-alasan di bawah ini:
                1. Aku (masih) Pengangguran Teladan Nasional yang hobinya mager tapi cita-cita lulus. :’) *nangis dibawah shower*
                2.  Tanggal 25 itu pas sama libur Paskah jadi otomatis anak-anak kosan pada pulang dan pastinya sepi. Kerjaanku udah bisa ditebak, pasti tidur sepanjang hari kek beruang madu lagi hibernasi. Dari pada kesepian mending ikut rame-rame liburan kan?
                3. Aku sama sekali belum pernah ke Kawah Wurung(sebenernya, aku belum pernah kemana-mana sih. Aku emang kudet *nangis lagi di shower. Shower tetangga tapi*). Cuma denger temen-temen udah pada kesana sambil pamer foto-foto.
                Sebenernya yang excited ikut itu aku. Paltom sebenernya mungkin nggak niat ngajak aku. Dia memang bodoh, kuberitahu. (^^v) Mungkin awalnya dia bilang gitu nggak niat nawarin, tapi mau minta izin. Soalnya aku agak cerewet sih. Kalo nggak minta izin aku pasti nguamuk gila sambil nyabet-nyabetin pecut dan makan beling. (kuda lumping kali) Hahaha. Atau mungkin juga si Paltom nawarin cuma sok manis aja, soalnya dia tau aku paling males diajak kemana-mana selain pantai. Apalagi kali ini daerah pegunungan yang di bayanganku langsung terlintas satu kata. Dingin. Aku nggak kuat udara dingin. Soalnya aku hangat kan. Hangat, menggemaskan, dan penuh kasih sayang. *nyodorin kresek ke pembaca* Oke silahkan muntah.
                Si Paltom nggak ngira aku bakal setuju secepat itu. Dia juga langsung ngasih tatapan angker ke aku. Dia emang menyebalkan, dia bener-bener nggak percaya padaku. (mungkin dimatanya aku ini separo cewek separo kubis ijo) Jadi dia langsung menyumpahku dengan Sumpah-Tak-Terlanggar. Isinya itu secara garis besar: “J.A.N.G.A.N R.E.W.E.L”. Demi Tuhan deh. -_-“ Emangnya aku bayi apa pake rewel-rewel segala. KZL.
                Walopun udah disumpah gitu, masih ada perasaan deg-degan sih. Aku awalnya juga nggak yakin apa aku bakal nggak rewel disana? Gimana kalo disana dinginnya kebangetan? Gimana kalo jalannya rusak parah? Gimana kalo kebelet pipis? Gimana kalo laper? Gimana kalo haus? Gimana kalo ngantuk? Gimana kalo temen-temennya nggak mengharapkan outsider selain anak angkatan mereka? Gimana kalo aku nggak punya temen ngobrol? Gimana kalo nggak ada sinyal? Gimana kalo ada binatang buas? Gimana kalo diculik hantu? Gimana kalo ada beruang laut? Gimana kalo ada alien mendarat? Gimana kalo ada naga penyembur api? Gimana kalo ternyata ini semua cuma khayalan di kepalaku. Ternyata aku lagi ada di meja hipnotis bersama Uya Kuya?
                Untuk menghalau kegilaan itu semua, percaya nggak sih hal pertama yang aku lakukan adalah …………………………………………………………
                Browsing.
                Yeah, right. Browsing! Browsing tentang Kawah Wurung, gimana keadaannya, seberapa jauh, seberapa jelek jalannya, seberapa dingin udaranya, tempat-tempat terdekat dari sana mana aja. Udah mirip analyst apaaaa gitu. Heran kok ya kalo pas skripsi nggak bisa ngumpulin data sedetail ini. :”) hihihi. Mungkin teori yang bilang kalo skripsi itu bikin otak tumpul itu benar adanya.
                Hal kedua yang kulakukan setelah browsing adalah…………………………………………………………………..
                Tetep browsing.
                Nyari apa aja yang dibawa pas hiking, trus gimana outfitnya, blablabla.
                Percaya nggak? :’) Kedengerannya menyedihkan ya?
                Jadi singkatnya, aku bener-bener well-prepared. Over, mungkin. Sampe aku buat daftar puanjang banget apa-apa yang perlu dipersiapkan pas H-1. Bahkan aku packing langsung seketika itu juga. Nyiapin tas ransel guede punya Paltom, trus aku isi barang-barang yang menurutku penting.
                1. Kebutuhan Primer:
a.Raphael-(wajib ain) buat mengabadikan semuanya.
b. Sthomatoyne Sheeran-walopun aku ragu ada sinyal atau bahkan wifi tapi senggaknya buat ngabarin kalo ada apa-apa. Atau digadaikan kalo kita terdampar nanti mengingat aku nggak punya jam tangan mahal buat ditukar sama apapun. Hihihihi (pikiranku udah sejauh itu loh).
c. Dompet yang isinya DUIT.  Percuma bawa dompet kalo isinya kartu debit. Mau gesek di mana? Selangkangan? -__-
                2. Kebutuhan Badan: jaket gunung, baju hangat, jeans, sarung tangan, kaus kaki, scarf, winter boots, jilbab, masker. Dan usahakan semua warnanya harus matching. Pergi ke gunung bukan berarti nggak stylish kan? Apalagi kalo niat terbesarnya adalah buat foto :3 Next, ada handuk kecil, baju, daleman, dan kaus kaki cadangan.
                3. Kebutuhan Badan 2: Facial foam (biar nggak jerawatan), tissue basah(buat bersihin badan kalo nggak bisa mandi) , pelembab wajah (biar wajah nggak pecah-pecah), bedak ringan (biar wajah nggak ngilap kayak bungkus gorengan), lipstick (biar nggak pucet-pucet banget), parfum (buat main playdoh. Plis, enggak lah. Ya biar wangi dong.), lotion(biar kulit nggak kering), minyak kayu putih (kalo ada yang kembung), plester (kalo ada yang luka. Luka hati nggak diitung, ya, gaes.), krim pereda nyeri otot (kalo ada yang terkilir), deodorant (biar setia setiap saat (lho?)), pembalut (soalnya lagi dapet), dan spray anti nyamuk (siapa tau di gunung banyak nyamuk. Who knows kan? Kamu pasti nggak mau pulang-pulang langsung kena malarindu tropikangen. #eaa #penyakitjomblo )
                4. Kebutuhan logistic: karena katanya makannya udah disediain dari sana, tapi tetep dong kudu bawa sendiri. Kali aja si Paltom laper. Dia kan suka kelaperan. Jadi aku bawa roti beberapa bungkus, snacks gurih, snacks manis, air mineral beberapa botol, biscuits, permen, sama obat tolak miskin eh, tolak angin ding. Itu semua buat Paltom loh ya. Bukan buat aku. -_-“ Dia emang ribet kalo soal urusan perut. Pantes dia makin buncit dari masa-ke masa. *tutup mata* Kalo aku sih, nggak perlu, karena ngeliat kamu senyum aja udah kenyang. #eaa Abis senyummu gurih sih kayak martabak telor. (u,u)
                Kira-kira itu aja sih yang kubawa. Walopun akhirnya tas ransel guede itu akhirnya melembung dan berubah jadi kayak tas perang Afghanistan. Kan emang kudu begitu kalo camping, kan ya?
                Ngeliat aku packing seribet itu (padahal menurutku packingnya normal-normal aja), si Kak Ay yang dateng ke kosan langsung nguetawain aku. Si Septa juga walaupun dia (aku yakin) ngetawain lewat BBM aja soalnya dia lagi pulang libur Paskah. Bahkan si Paltom juga ngewanti-wanti supaya aku nggak bawa banyak sekali barang yang nggak diperlukan.
                ADA APASIH SAMA ORANG-ORANG INI?! PADAHAL AKU KAN CUMA PACKING ‘BIASA’. OKE B.I.A.S.A. NGGAK HEBOH-HEBOH BANGET. BIASAAAAAAAAAAAA!!! (AKU UDAH BATALIN MAU BAWA KOMPUTER PADAHAL)
                Sumpah emosi jiwa sampe. Mereka semua tega sekali nggak percaya padaku. *nangis di bak cuci piring* Dipikirnya aku nggak pernah camping apa. Menyebalkan.
                Tapi emang nggak pernah sih.
                Terakhir camping, aku nangis karena kedinginan dan kehujanan, itu pas SMA kelas dua dimana kami udah kayak sekumpulan remaja yang siap main Hunger Games. :’) Itu pertama dan terakhir aku mau ikut acara camping yang bener-bener camping. Aku udah janji nggak bakal ikut lagi acara kek begituan. Selagi ada penginapan, atau hotel, atau shelter lain yang manusiawi, mending aku nginep disana deh daripada hidup di alam bebas yang bikin kamu kemungkinan ketemu genderuwo, serigala, manusia serigala,  atau ganteng-ganteng serigala. Hiiii.
                Tapi karena ini touring, dan Paltom bilang bakal tinggal di homestay gitu, aku jadi lega. Senggaknya masih ada peradaban di daerah itu yang isinya bukan zombie di game Resident Evil atau makhluk yang bakal mencoba nelen aku idup-idup.
                Setelah persiapan ‘tempur’ siap, persiapan hati matang, permasalahan lain muncul.


                Gimana kalo aku adalah satu-satunya outsider?
                Outsider disini adalah makna harfiah ya. Bukan nama dari fansclub nya band Superman Is Dead.
                You know kan, anak teknik mesin itu kebanyakan cowo, cewenya ada pasti. Tapi kan masalahnya kalo aku satu-satunya outsider, nanti siapa yang bakal kuajak ngobrol? Paltom? Dia kan cowo. Masak tiap waktu nempel terus kayak kena lem gajah. Kan jiji. Kalo mau ngobrol sama mbak-mbaknya, masak langsung nimbrung. Kan cewe-cewe nggak kayak gitu tatacara ramah-tamahnya. Arrrrghhh. Sumpah stress duluan bener deh. Ini liburan udah kaya mau sidang skripsi. Tegang banget (padahal belum pernah tau gimana rasanya sidang skripsi. Boro-boro, bab 1 aja belum selese *nangis dalem panci bakso*)
                Nervous, serius! Sampai nggak kerasa tibalah kita ke Hari H. Hari Jum’at tanggal 25 Maret 2016. Paltom ngasih tau kalo kumpulnya jam dua siang. Aku udah siap sedia mulai jam 12. Sehabis solat Jum’at, Paltom langsung jemput. Kita makan dulu (karena Paltom lagi manja karena sariawan n sakit gigi, dia minta makan bubur. Hyek!) Abis makan baru kita kekosku, ambil barang-barang. Walopun ngeliat tas yang udah melembung gitu dia ngomel-ngomel, tapi toh dia nggak nyuruh-nyuruh nge-unpack smuanya dari awal. Fuh, syukurlah :’)
                Tapi ternyata jam dua itu hanya mitos. Akhirnya molor nunggu sekalian sholat ashar. Okedeh. Well, jam tiga lewat limabelas aku udah gupuh (keburu-buru,red) karena aku nggak suka telat, apalagi aku orang luar, kalo keberangkatan kudu molor karena aku kan sungkan juga.
                Etapi apa’an kita udah keburu-buru, yang dateng baru orang 9. -______- janjian jam berapa baru kumpul jam berapa. Waktu aku nanya sama Mas Rama yang rambutnya agak semi-semi kuning gitu, yang ikut sekitar 60 orang. Whut? Jam segini baru 9 orang yang dateng? Aku langsung lemes. Ngantuk. Tau gitu aku bubuk cantik dulu. Demi kelangsungan tahta Queen Elsa.
                Hingga beberapa akhirnya mulai berdatangan. Mulai dari wajah-wajah mas-masnya yang familiar dan aku tau namanya, trus mas-mas yang wajahnya familiar tapi nggak tau namanya, sampai mas-mas yang wajahnya nggak familiar sama sekali. Kemudian ada mbak-mbak. Syukurlah. Tapi kok nggak ada yang nggak pake jaket angkatan yang warnanya merah menyala gitu?
                Heck, aku langsung panik karena kok semuanya pada ngeliat aku aneh karena jadi satu-satunya yang beda sendiri -_-. Oke, udah terlambat mau berubah pikiran buat pulang. Mau nggak mau ya diem nebelin muka bodoamat ngikut deh eike. :’)
                Sebenernya ada sih mbak satu, nggak pake seragam sendiri sama sepertiku. Belum tau sih apakah dia outsider juga sepertiku atau emang cuma nggak pake jaket teknik mesin. Yang aku tau, itu nggak memperbaiki mood nervous ku soalnya kan nggak langsung bisa ngobrol-ngobrol kan? Perkenalan wanita tidak semudah itu, gaes. Kuberitahu.
                Well, akhirnya jam setengah lima kita baru berangkat. Setengah lima! Padahal janjiannya jam berapa loh. Hati Queen Elsa jadi sedih. Laki-laki emang seperti itu. Ngareeeeet! :’) Ini pas mau berangkat mataku udah lirik sana-sini, bukannya ngeliat apa’an. Tapi mengecek JANGAN SAMPAI TAS RANSELKU JADI YANG PALING BESAR. Hahaha. Tuhkan, aku emang menyedihkan :’) Abisnya, bayangan si Septa sama si Kak Ay ketawa ngakak langsung terbersit di benak. Soalnya kayaknya aku sendiri yang keliatan heboh. Aku berangkat itu pake parka, sepatu boots fluffy, kaus kaki, sama sarung tangan. Karena, yeah, aku nggak pernah bepergian jauh sebelumnya sih. Dan itu sore, man, pasti dingin di perjalanan kan?
                Beberapa mas-masnya udah pada pinter-pinter, pake sepatu (aku sangat suka pria pake sepatu di setiap kesempatan, nggak tau, menurutku sex appeal mereka bisa meningkat gitu) walaopun ada juga yang sakti pake sandal gunung doang *applause* trus kok ya (yang paling bikin nyebut) TAS MEREKA KOK YA KECIL-KECIL! Nggak beda sama tas ransel kuliah pada umumnya :O Aku langsung nggak nyaman. Waduh, merem aja deh. Lagian mereka juga kayaknya nggak mempedulikanku. Syukurlah syukurlah. :’)
                Berangkatnya bisa dibilang standar sih. Bagi yang nggak tau Kawah Wurung itu dimana, dia ada di Bondowoso, gaes. Kalo nggak percaya silahkan nanya Oom Google. Jember kota ke Bondowoso itu sebenernya deket banget. Soalnya kan mereka berdua juga berbatasan. Jadi kalo berangkat dari Jember terus ke Bondowoso kota, bisa sejaman lah kurang lebih. So, karena kita berangkat jam setengah lima, kira-kira jam setengah enam kita udah sampai di kota Bondowoso. Pas kebetulan juga masuk waktu salat magrib juga kan. Jadi kita berenti di salah satu pom bensin dan gentian salat. Aku nggak ikutan karena kan aku anak Dajjal (eh) hehehe nggak lah. Lagi libur, tjoy. Nggak perlu kujelaskan kalian pasti ngerti kan? Bersyukur sih, soalnya kalo kudu salat, kan aku suka ribet gitu lepas ini, itu. Jadi cukup nunggu aja duduk manis. Daaaaaaaan, masih juga kebingungan mau ngajak ngobrol siapa :’) perjalanan awal ini menyedihkan sekali. Bayangin kan, ada banyak orang rame lalu lalang tapi nggak ada seseorangpun yang bisa diajakin bicara waktu Paltom salat. Diem itu menyiksa loh. Kesendirian sejati itu adalah saat dikelilingi banyak orang, namun kau tetap merasa sendirian. Eaa. #Quoteoftheday nih! :3
                Perjalanan dilanjutkan dengan naik gunung. Ideally, bukan ‘naik’ hiking pake kaki, belum, tapi kita udah masuk ke semacam desa-desanya gitu. Aku juga nggak nyimak ini desa apa kek apa. Soalnya lagi malem, penglihatanku ngga bisa infrared, gaes, terus aku mah ikut-ikut aja. Barisan makmum. Lagipula aku emang bukan orang yang gampang hapal ama jalan. Rute jalan pulang dari kampus ke kos aja butuh bantuan Google Maps kok hehehe.
                Makin perjalanan berlanjut, udara makin dingin dan dingin kayak muka mantan (-_-v). Tanganku yang udah pake sarung tangan tebel pun masih tetep aja kerasa nusuk. Mantan dimana-mana emang selalu kurang ajar kok (?) Sampe kita kudu ngelewatin jalan yang gelap banget. Hiiii. Kanan kiri nggak ada rumah, adanya pohon-pohon item yang bentuknya kayak monster yang siap nerkam kita kapan aja. Untungnya jalannya oke sih. Nggak segila dugaan awalku. Tapi yah, beberapa juga ada yang terjal. Nggak terlalu banyak sih. Masih banyak juga cintaku padamu #eaa. Kita naik motor iring-iringan satu-satu. Hal yang terpikir olehku itu, JANGAN SAMPE ADA DI YANG PALING BELAKANG! Nanti kalo diculik setan, kan nggak bakal ada yang tahu, lalu aku hanya menjadi gadis tak bernama :’)
                Finally, setelah entah berapa jam ada di tanjakan terus menerus sampe punggung udah mau skoliosis, kita sampailah pada saat berbahagia dengan selamat sentosa. Home stay!!! \^^/
                Imut banget. Rumah-rumahnya semodel. Mini-mini imut terus di depannya banyak taneman sayur, buah, bunga yang lucu-lucu kayak kebun mini gitu. Kita semua masuk ke salah satu rumah mungil itu. Kaget sih awalnya kirain bakal kecil banget desak-desakan gitu. Ternyata pas ke dalem luaaaas juga. Rumahnya ala-ala pedesaan gitu. Ada beberapa kamar yang untungnya (Puja Kerang Ajaib!) buat yang cewe-cewe. Cewenya total ada 6. Jadi 3 kamar dibikin berdua cewe-cewenya. Spesial abis :3 Enak banget jadi cewe disini u,u. Abis dikasih kamar berdua sama Mbak Santi-outsider juga- (FYI, kamarnya more than I expected, gaes. Kasurnya springbed ukuran twin, ada bantal empuk dan selimut flannel hangat, ada meja rias gede juga. Wiiiih) aku langsung keluar buat yeah, basa basi lah.
                Pertama kenalan sama Mbak Alisa. Ini mbak yang paling friendly dari awal. Dan sama-sama dari Banyuwangi \^^/, terus roommate aku Mbak Santi anak sastra yang juga dari Banyuwangi, terus ada Mbak Alif kalo nggak salah, dan mbak-mbak teknik mesin lain. Terus kita biasalah cewe-cewe, ngobrol ini itu. Alhamdulillah batinku. Mereka cukup welcome sama outsider tengik cem aku gini :’) terberkatilah mereka. Mbak-mbak nya juga cerita loh sebenernya anak cewenya seangkatan ada 7 orang doang cuma yang tiga lagi berhalangan hadir. Cool! Pantes aja jadi cewe-cewe teknik mesin itu spesial banget, dilindungin banget. Aww! Liat aja, padahal kita outsider, tapi kita dikasih kamar yang paling bagus. Jadi terharu. Makasih Mbak, Mas :’)
                Walaupun suasana udah mencair dan aku udah nemu temen bicara, nggak sehoror pas berangkat, tetep aja, tjoy, DINGIN! Dinginnya sampe masuk ke tulang-tulang bo’. Jaket ama kaus kaki aja nggak berani lepas. Padahal di dalem rumah udahan. Etapi bapak host-nya bilang ‘beruntung mbak kalian dateng pas malem yang nggak terlalu dingin.’ Aku langsung mendelik, ‘Wut??? Kek begini? 'Nggak dingin'?’ Bapaknya bilang biasanya kalo udah dingin banget, lantai dapur yang cuma tanah itu muncul putih-putih kek garam gitu. OMFG! Does it sound like snow? Thanks but no thanks. Udah pasti, aku nggak akan mau punya rumah di daerah ini deh. Semalam, bolehlah. But kalo tinggal, big no deh. Apalagi pas nyentuh aer buat cuci tangan. Tangan mati rasa, serius. Aku udah nyobain. Aku buru-buru berubah pikiran buat mau cuci muka. Takut muka mati rasa jadi es trus kaku gitu kan serem. Untung aku bawa tisu basah segebok. Cukup buat ganti sabun sama aer (gitu tulisan di kemasannya sih).
                Sambil kita yang cewe-cewe ngobrol, kita juga ‘dikasih tugas’ buat ngupas bawang bersaudara. Bawang merah yang jahat, bawang putih yang baik. Bawang Bombay yang gembrot dan daun bawang yang berdaun (?) Hhahaaha Nggak ding. Cuma bawang merah bawang putih sama cabe-cabean aja. Intinya kami bertugas bikin sambal ikan bakarnya. Ikan bakarnya denger-denger udah pada dibakar sama mas-masnya di belakang. Keren banget. Bagi tugas, ada yang bakar ada yang bikin sambal, ada yang main domino (oke, ini Paltom dkk yang emang tipe bapak-bapak yang terima beres hihihi ^3^). Walopun aku nggak terlalu bisa masak, senggaknya udah ambil bagian dalam membantu (atau justru mengganggu) mereka. Karena selebihnya aku disana buaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaat………………………………………………………………….
                Apalagi kalo nggak moto-moto :’) Dokumentasi. Jadi, jangan kaget ya kalo foto-foto dibawah ini muka saya jarang terekspos, karena emang lebih sering motoin. Tapi relax, itu aku lakuin dengan hati tulus ikhlas kok :3. Kapan lagi bisa ngedokumentasikan acara anak teknik mesin pas rame-ramenya gini?
                Dingin-dingin, akhirnya nggak begitu kerasa sih karena mereka emang lucu-lucu. Adaaaaa aja yang bikin ketawa. :D Ada yang nyeletuk inilah, itulah. Sayang nggak bisa divideo soalnya malem, penerangan kurang memadai, Kapten :’)

Pic: Mas-mas main domino (aku nggak ngerti enaknya main domino itu apaan, anyway hehehe-_-V)

Pic 2: Mas-masnya yang bertugas bakar ikan

 Pic 3: nggak cuma ikan, jagung juga ternyata 

Pic 5: Chef nya ada banyak \^^/
 Pic 6: Ini loh kami (yang moto bodor, blur gini jadi muka eike)
 Pic 7: Mas yang pinter masak nih. Sambelnya enak banget :'9 terberkatilah mas ini

Pic 8: Tuangin kecapnya. dan ini dipersembahkan oleh Bango, benar-benar kecap wkwkwkw

                Akhirnyaaaaaaa sekitar jam 9an malem, kalo nggak salah, hal yang ditunggu-tunggu dateng jugaaaa! Ikan bakarnya mateng. Dan itu buanyaaaak banget!!
                And you know what yang paling bikin berdecak kagum, WOW-moment, dan unforgettable itu…………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
                Cowoknya ada sekian puluh. Ceweknya ada 6 termasuk aku.
                You know kan biasanya cowok itu kek apa. Sooo, typical.
                Gampang laper, makannya banyak, suka ngawur kalo makan, blablabla…
                Tapi nggak ada satupun yang nyentuh makanannya, baik nasinya, atau ikannya, atau apapun sebelum disuruh.
                Dan mereka makan pake kertas minyak dijejer-jejer sampe puanjaaaaaaang banget gitu. Yang bagiin mbak-mbaknya. Dibagi samarata memanjang gitu.
                DAN MEREKA DUDUK MANIS NUNGGUIN SAMPE SEMUA TEMENNYA KEBAGIAN. BENER-BENER NUNGGUIN ANTENG NGGAK NAKAL NGGAK CURI-CURI MAKAN DIKIT PERSIS KEK ANAK KECIL GITU. YA TUHAN SUMPAH PAS BAGIAN INI MEREKA SEMUA JADI KELIATAN MANIS. AWW! IMUT BANGET POKOKNYA! Duh terharu kalo inget. :’)
                Aku yang nggak pernah liat hal kek begini langsung aja excited. Jeprat sana jepret sini. Ajaib deh hal ini menurutku. Aku langsung mikir. Kalo di tempatku, pasti lain hal deh kejadiannya. Diajakin kumpul bareng aja susahnya minta ampun, apalagi banyak ceweknya. Alih-alih tertib makan bisa-bisa sebelum makan berdebat dulu berantem dulu. Kalo menurutku, emang proporsi yang ideal itu banyak cowo sedikit cewe daripada banyak cewe dikit cowo. Banyak cewe pasti lebih banyak bicara. (coba aja bayangin aku ada seratus. Udah? Nah, gimana? Mengerikan kan? :’) Udah deh cukup satu aja ‘aku’ di dunia ini demi kemaslahatan umat :D.)
 Pic 9: Yang bagiin yang cewe-cewe. sama rata!
Pic 10: Tuhkan makannya pake kertas minyak dijejer panjaaaaaaang gini :') keren!


 Pic 12: Ikan bakar!!!! yum!!!
 Pic 13: sambelnya juga dibagi dikit-dikit biar cukup semua dapet :3

pic 15: Bon appetite ! :3






                Yang cewe-cewe lagi-lagi dapet tempat spesial buat makan. Kalo yang cowo-cowo tadi ada di lantai dijejer-jejer gitu, kalo kita berenam di atas meja dan duduk di kursi nggak jauh dari mereka. Nggak dingin-dinginan dan lebih beradab. Duh serasa princess deh betul. :’) Ini serius, baru pertama liat kek beginian. Makan bareng, sama rata, walaupun kebutuhan kalori beda-beda, tetep sama. Manis banget pokoknya deh supper kali itu. Bener-bener supper yang bakal keingetan terus deh :’)
 Pic 20: Mbak-mbak cantik bin tangguhnya teknik mesin 2012
 Pic 21: Chef-chef nya hebat. ikannya enak :3
Pic 22: Queen Elsa no makeup, kena debu, polusi sambil kedinginan. Tapi tetep aja cantik. Berkat bulu mata yang indah :3 eaaaa
                Abis makan, beres-beres deh kita. Waktunya tidur karena besok pagi rencananya mau ke Kawah Wurung-nya liat sunrise. Dan aku mutusin buat nggak cuci muka karena kamar mandinya cuma 1, antri, dan airnya dingin buanget. Walhasil, tissue basah adalah penyelamat dunia no. 1. Terus tutup pintu, lepas jilbab, bersihin wajah pake cleanser, daaaan langsung deh, teparrrr. Sempet kedinginan sih bentar, tapi karena ranjangnya nyaman dan selimut anget, beberapa menit kemudian, pergi deh ke alam gaib sambil bayangin gimana si Paltom tidur. Pasti goler-goler manjah ala-ala pindang di lantai ruang tamu, atau dimanapun tempat yang bisa ditidurin. Cowo mah nggak masalah kan ya kalo soal tidur. Hihihi. Lagi-lagi ngerasa aman banget soalnya serasa dijagain sama mas-masnya. Kan mereka tidur deket pintu kamar. Sumpah deh berasa Queen Elsa beneran :3
                Jam setengah lima pagi, aku kebangun. Liat sekeliling kok masih sepi. Mbak Santi, roommate aku juga belum bangun. Ya udahlah ya pikirku bubuk sebentar lagi nggak papa kali ya.
                Jam lima, aku liat Mbak Santi udah bangun duluan. Kita ngobrol bentar sambil nungguin antrian kamar mandi karena mbak Santi butuh-ke-toilet-pake-banget. Aku sendiri siap-siap. Ganti baju, bersihin muka, (lagi-lagi) mandi tisu basah, lotionan, pake cream tetek bengek yang kubawa, ganti baju bersih, pake parfum, dan pake-pake yang lain. Yang pasti nggak pake narkoba kok. Anyway nih ya, pada saat ini, tasku jadi berkurang isinya banget karena paling banyak isinya makanan. Dan makanan serta minumannya udah diabisin Paltom dkk tadi malem. Syukurlah. Beban berkurang secara signifikan :’) Belum lagi aku akhirnya minjemin Mbak Santi jilbab cadangan yang kubawa soalnya kayaknya dia nggak nyaman gitu sama jilbab yang dia bawa. Yeay! Tuhkan, apa yang kubawa itu mesti berguna kok. Percayalah, percayalah! (Oke, kecuali lotion anti nyamuk, karena di sana bener-bener nggak ada nyamuk :’))
                Well, ternyata, apa yang dibilang sunrise, lagi-lagi cuma mitos :’) walopun udah bangun jam lima, toh berangkatnya tetep jam sekian. Waktu mataharinya udah terlanjur tinggi :’) Yah, sayang banget. Tapi nggak papa sih. Aku juga nggak terlalu suka sunrise. Apalagi di gunung. Jadi ya walopun gagal, biasa aja sih. Lagian juga bangunin dan nyiapin puluhan orang itu nggak gampang. Apalagi dengan cuma dengan satu kamar mandi doang. Jadi maklum lah. Hihihi.
                Waktu pagi, sumpah dingin banget. Tanganku aja sampe kaku. Ngiket sepatu aja sampe nggak bisa. Tapi excitednya itu karena pas ngembusin napas, keluar uap airnya gitu kan kayak asap gimanaaaa gitu. Aaaa! Seru deh aku sampe mainin napas gitu wkkwkw. Ala-ala luar negeri gitudeh. Pas keluar, pemandangannya cantik banget :’) Udaranya seger, kebun-kebunnya jadi keliatan ijo, terus kita bisa foto di depan homestay nya pake background gunung. Aih. Cantik sekali.


 Pic 23: pokoknya kalo ada beberapa yg foto, yang lain mesti ikutan :3 hihihi liat deh backgroundnya. bagus ya <3 font="">
 Pic 24: Kubilang juga apa :p 
 Pic 25: Queen Elsa dan tukang ojeknya :3
 Pic 26: Siap2 \^^/
Pic 27: Mbak Santi nih :3 candid hehe

 Pic 28: Paltom dan kacamata jengkol kesayangannya :3 dia emg mirip banget sama ayahku <3 :3="" ayahku="" font="" ganteng="" juga="" kacamata="" pastinya="" suka="" walopun="">
Pic 29: Mbak-mbak sarapan cantik dulu :3
pic 30: Queen Elsa pagi-pagi udah senyum maut aja *ditabok*


                Pas perjalananan naik ke Kawah Wurung-nya, serius, muka kek ketampar-tampar pake angin yang duingin banget. Secara masih pagi dan pake motor juga kan. Tapi aku nggak fokus kesana karena kanan kiriku itu perkebunan puanjaaaaang sejauh mata memandang. Jalannya juga bagus kok.
                Tapi nggak lama kemudian, jalannya jadi jelek pas udah mau deket. Banget. Hiiii. Ngeri deh, bayangin jalan tanah yang berbatu gitu. Tapi karena aku orangnya mudah percaya, aku percayakan hidupku pada bapak ojek cabe-cabean yang udah berpengalaman selama hampir empat tahunan didepanku itu a.k.a Paltom.
                Alhamdulillah, semua lelah, letih, takut, sirna waktu kita udah sampai di atas. Bisa liat kawah yang nggak jadi, alias wurung yang ijoooooo banget gitu. Subhanallah, cantik banget. :’) langsung dong, turun motor langsung jadi tukang foto. Motoin mas-mas, mbak-mbak, dan semuanya. Hehe. Ada sih fotoku, tapi nggak dipajang ah. Nanti kalian jatuh cinta beneran. *dilempar sandal jepit*
                Jadi Kawah Wurung itu kawah gaes, tapi alih-alih isinya lava material bebatuan, ini tuh nggak ada isinya. Wurung dalam bahasa Jawa itu artinya gagal. Kawah Wurung kalo dibahasain Jawa ya Kawah yang gagal alias nggak berhasil jadi kawah beneran. Sebagai gantinya, kawahnya ditumbuhi rerumputan, savanna, semak-semak gitu. Untungnya kita kesini pas musim hujan, jadi warnanya ijo seger, katanya sih kalo musim panas warnanya bakal kuning-kuning gitu nggak bagus. Tapi aku kan nggak tahu itu. :p
 Pic 31: Kawah Wurung itu begini loh, gaes
 Pic 32: Silahkan dipilih :3 yang pake sepatu sendiri tapi nggak boleh dipilih. Dia budakku :3
Pic 33: Budak terbaik dan nggak akan kumerdekakan :3 Lupakan sajalah :3 
 Pic 34: Aku suka benderanya :3
Pic 35: ternyata juga butuh diarahin dulu ya :3

 Pic 37: Ini fail nggak sih? :D
pic 38: Candid is my favorite :3

pic 39: ayo-ayo diatur dulu posisinya :3

Pic 40: YEEEEY!!!!

Pic 41: Mbaknya baik banget loh <3 aww....sweet="" font="">

 Pic 42: katanya sih ini success, tapi kok ada yg ke crop itu siapa ya -_-

 Pic 43: akhirnya punya foto bareng :3
Pic 44: Dibalik semak-semak, ada cewek cantik :3


 Pic 46: Sebelum pulang berdoa dulu ya o:)
Pic 47: berdoa dong mas jangan senyum2 :3

                Puas foto-fotoan, kita terus lanjut pulang. Sebenernya mbak-mbaknya ngusulin ke destinasi alam lain di daerah deket-deket sana (entah apa namanya) soalnya nanggung udah ada disini gitu. Tapi akhirnya nggak jadi. Entah deh kenapa. Soalnya kan kami adalah makmum. Makmum nurut apa kata yang didepan kan?
                Jadi kita pulang deh. Tapi sebelumnya kita mampir ke salah satu rumah mas-masnya. Ini bener-bener sisa-sisa energy banget. Aku aja sampe ngantuk banget. Eh, disana ternyata kita dijamu banget. Dikasih makan siang. Duh, bayangin deh, kita dateng udah kayak massa apaaaa gitu bertamu ke orang terus dikasih makan. Yaampun baik bener. Pasti tuan rumahnya udah nyiapin dari pagi deh. Duh, terharu banget. :’) padahal kita aja udah ada berapa puluh orang. Walopun aku nggak tau mas yang punya rumah ini yang mana, tapi semoga kudoakan yang baik-baik, lancar rezekinya, amiiiin :3 Disini, karena Paltom tidur (kasian juga dia capek pasti), aku ngobrol-ngobrol sama Mbak Santi. Eh ternyata kita ngobrol dari hal nggak penting sampe hal nggak penting banget hahaha. Akhirnya kita juga curhatan gitu sih. Langsung nyambung dan ternyata mbaknya juga asyik banget. Jadi, selama bertamu aku cuma duduk berdua sama Mbak Santi ngobrol banyak banget. Sebelum kita ngelanjutin perjalanan, kita sampe tuker-tukeran nomer wasap juga. Yey! Akhirnya dapet temen baru! \^^/
Pic 48: Di atas motor. Berguncang-guncang jadi jangan harap fotonya jelas. ini bukan action cam, gaes -_-

 Pic 49: Berenti sebentar (entah karena apa) dipersembahkan oleh gerobak bakso dan nasi goreng :3 uwuwuw
Pic 50: terakhir. di rumah salah satu mas-masnya. TKP perjamuan besar :3

                Kita sampe Jember sekitar jam setengah dua gitu aku lupa. Kumpulnya di depan kampus teknik sampe diliatin orang abisnya kayak orang mau demo gitu sih hahaha. Saat ini aku bener-bener udah capek banget. Udah pengen tidur aja nih kepala. Jadi, setelah berdoa, kita pulang ke tempat masing-masing deh kita. Dengan sebelumnya bilang makasih ke semua mas-mas dan mbak-mbaknya udah ngebolehin aku ikutan, bisa liat Kawah Wurung yang mungkin seumur idup kalo nggak sama mereka, nggak akan bisa aku liat. Terus banyak moral value sih yang didapet. Nggak salah kalo tagline mereka itu Solidarity Forever. Bener-bener kerasa kekeluargaannya. Something that WE should appreciate. Kalo bisa ya ditiru (walopun itu nggak mungkin, tenang, aku emang orangnya pessimistic kok). Tapi ini bener-bener pengalaman yang menyenangkan. Jadi outsider dan ngamatin langsung anak-anak teknik mesin dengan mata kepala sendiri. Bener-bener bikin ngiri. Tapi iri yang baik kok. So sweet deh pokoknya. Entah kapan bisa gitu lagi di saat taun ini adalah taun terakhir kuliah. (kok jadi aku yang sedih ya :”) Duh, baper.) Semoga kalian tetep solid ya kakak-kakak mesin 2012. Kudoakan kalian jadi orang sukses bareng-bareng! Soalnya aku yakin kalo mereka sukses ntar, mereka nggak akan lupain temen-temen seperjuangan mereka. How romantic!
               



 The End.













                NB: Sebenernya ada beberapa video yang musti diupload, tapi pas dicari-cari kok ya hilang entah kemana. Aku sampe sedih gara-gara nggak ketemu :’(((( jadi, maaf ya nggak ada video di postingan terpanjang ini. Ntar kalo udah ketemu, pasti segera diupload kok. Sorry, sorry :’( Semoga foto-fotonya cukup bisa jelasin hasil kegiatan kita selama Touring ini ya. :’) Makasih juga udah sempet mampir. Baca nggak baca tetep thankyouuuuuuuuuuuuuu *kecup ABC* *itu kecap kali* *digetok*
                Bhaaay!!! :*
               
UPDATED : TERNYATA VIDEONYA UDAH AKU UPLOAD DULUAN DI YOUTUBE, GAES! HOW STUPID HEHEHHE PARDON,PARDON (u,u) di bawah ini videonya (walopun nggak semua kegiatannya tercover tapi inshaallah berkah #apasih) selamat menikmati :*





                

Share:

0 komentar