CINTA ITU MUDAH DITUMBUHKAN, MODALNYA HANYA PENERIMAAN

Sebenernya yang dimaksud jodoh itu apa sih? Apa orang yang bakal jadi pasangan kita jadi suami/istri? Atau, orang yg dimaksud itu semacam soulmate? Orang yg bisa dikatain sejiwa ama kita.

Hm…gw pernah denger desas desus kalo wajah sama itu tandanya jodoh. Sampe skrg gw masih blom tau apa yg dasarin tuh hukum. Gini, menurut pengalaman gw pribadi, dulu gw pernah pacaran ama anak yg yah, 11 12 lah ama gw. Dan banyak yg bilang gue tuh mirip bgt ama dia. Sampe mereka2 pada bilang, duh kalian “JODOH” dah. Nah pas gw tanyain, jawaban mereka malah bikin kening gw berkerut: “ya soalnya wajah lo mirip bgt ama wajah dia.” Aduuuh. Nahlo malah makin nggak jelas kan? Dan finally, gw putus di 2setengah bulan pertama. Alasannya sih gw udah bosen (haha jahat bgt ya gw?). tapi itu smua pasti ada alasannya. Ya emang sih dia mirip ama gue dari segi fisik, tapi NGGAK dari sisi sifat, bakat, minat, hobby, sampe selera fashion. Kita bner2 BERBEDA. Gw ceria, dia introvert. Gw narsis abis, dia pemalu. Gw punya banyak temen(dulu), dia bener2 kyk alien yg bingung2 sendiri. Gw meledak2, dia adem-ayem. Gw payah olahraga, dia atlet. Gw suka laut, dia suka gunung. Gw realis, dia melankolis. Gw bejat, dia alim bgt(haha ini nih yg agak ruwet). Dan gw fashion-maniac, dia a truly FASHION DISASTER. Bener2 beda bgt deh pkoknya. Gw aja ampe bingung ini pacaran apa praktek uji coba penggabungan setan dan malaikat? Jadi gw kembali lagi ama statement orang2 yg bilang kalo kita jdoh? Darimananya coba??? Persamaan mungkin ada. Tapi itu keciiiiiiiiil bgt bahkan sampe gak kliatan. Dan karena gw mikir untuk apa mertahaninnya, akhirnya kita putus baik2. (yah, anyway gak bisa dibilang ‘putus baik2’ juga sih karena setelah itu gw ama dia gak sapaan selama hampir 2tahunan. Hahaha).


Di satu saat yg lain, ada seorang yg datang lagi. Nah, orang ini bener2 kayak soulmate gw. Kita punya banyak persamaan. Mulai dari suka pantai, suka BALI!! (Holla!), suka jalan2, suka kuliner, suka novel, suka music RnB, seneng update film, narsis, fashion mania juga. Pkoknya kita klop lah. Apa2 yg diomongin bisa nyambung. Dan 1 lagi kelebihannya(dan entah asalnya darimana) kita selalu datang pada saat yg tepat, kita selalu tau apa yg masing2 dari kita butuhin, gw selalu tau apa yg dia rasa dan dia jg tau apa yg gw rasa tanpa kita saling ngomong. Tapi sayangnya nggak ada yg bilang kami JODOH karena emang kami berbeda. Dia gak bisa dibilang cakep, gak bisa dipamerin, dan hampir semua yg ngeliat gw pas gw jalan ama dia: “itu pacar lo? Kok bisa? Nggak pantes ah. “ yah itu versi kejamnya. Nah, itu dia yg bikin gw bingung lagi. Kita udah cocok, kayak kita udah ada semacam telepati waktu kita lagi nggak bareng, tapi kenapa nggak ada yg bilang jodoh? Padahal, dia Cuma nembak gw 1kali pas awal2 aja. Dan kita gak ada kata putus walo udah prnah putus sekitar 3x. dan kita gak pernah bilang balikan padahal udah balikan 2x. it just flow. Gak perlu ada kata2, ngalir aja, seakan gw tau apa yg ingin dia katain walopun nggak dia katain. Dan sekarang itu masih terjadi walo kita udah putus sekalipun. Kita sama2 mikir kalo gak ada yg bisa ngerti gw sebaik dia dan gak ada yg sebaik gw buat ngertiin dia. Dan kita saling kembali kalo lagi kesepian, meskipun sama2 jalin komitmen jadi sahabat aja.  


Nah,dari perbandingan hal 2 tadi, jadi gw ambil kesimpulan kalo apa yg dibilang orang2 jodoh tuh ternyata Cuma hasil pandangan mata aja. Dan gw sama sekali gak percaya statemen kalo wajah mirip itu berarti jodoh. Kalo emang nyari yg mirip, kenapa gak ama sodara aja? Dan itu berarti inses dan kayaknya juga dilarang baik dlm hal medis, agama, dan norma di Indonesia.
So, gw yakin yg namanya jodoh itu soulmate yg bener2 ngerti kita, or orang yg punya kesamaan dalam berbagai hal? Gak juga. Banyak kok kasus2 yg nunjukin kalo perbedaan itu bukan masalah. Ada ibu2 janda nikah sama bujangan dan hidup bahagia, ada oom2 yg nikah sama cewek yg jauh lebih muda dan hidup bahagia, ada orang Aceh nikah sama orang Papua dan hidup bahagia, ada anak dari kasta ksatria nikah sama anak kasta sudra dan hidup bahagia, ada artis nikah sama orang biasa dan hidup bahagia, ada majikan nikah sama pembantu dan hidup bahagia, ada orang bule nikah ama pribumi dan hidup bahagia, ada orang Islam nikah sama orang Katolik dan hidup bahagia. Semua itu ada. Itu tandanya ukuran kesamaan itu sama sekali nggak mendasar buat nentuin jodoh apa nggaknya. Buktinya Banyak kok orang yg pacaran lama, karena udah ngerasa cocok dan punya banyak kesamaan yg nikah akhirnya musti cerai karena perbedaan kecil. 

So? Apa sih jodoh itu n apa juga cara nentuinnya?
Kalo gw sih kembali aja sama Tuhan. Kan mati, rezeki, jodoh ada di tangan Tuhan. Hahaha jawaban paling males yah? Ya tapi gimana lagi? Ketemu yg punya banyak kesamaan, salah. Yg punya banyak perbedaan malah salah. Hmmm. Bingung? Haha gw juga.
Pkoknya gw gak terlalu mkirin siapa jodoh gw besok. Entah orang itu kelak bakal jadi suami gw or soulmate gw, yg ptg, orang itu bisa bawa gw n mimpin gw ke jalan yg bener dan bisa nerima gw apapun keadaan gw. Dan yg paling penting, baik gw maupun dia udah ngerasa cukup. Karena dengan gt, kita gak akan nyeleweng or apalah dan gak bakal tergoda sama yg lebih baik. Dan kayak yg pernah gw baca di sebuah novel: CINTA ITU MUDAH DITUMBUHKAN, MODALNYA HANYA PENERIMAAN.

Sekian dari gw.
F_H_A_Y

Share:

0 komentar