Semuanya, Karena Bukan Binatang Biasa

Aku udah lupa.
Ternyata kota ini banyak bikin aku menderita amnesia.
Kota ini terlihat begitu memperdaya hingga aku lupa.
Aku udah banyak melupakan.
Bahkan coretan-coretan di kertas yang sengaja kutempel di dinding itupun nggak bisa bikin aku inget.
Aku udah lupa dengan tujuanku disini.
Aku ditipu mentah-mentah.

Awalnya aku nggak terlalu biasa di sini. Yeah, anggep aja aku menderita sedikit homesick. But, wait. Seperti sama dengan beberapa yang lain, aku udah mulai terbiasa dan mulai mengorganisir kegiatan-kegiatan yang menjadi 'kebiasaan'ku.

Sayangnya aku jadi berubah. Aku nyadar setelah aku terbaring di kamar ini seharian penuh, tanpa melakukan apapun, sendirian, dengan kepala agak cenat-cenut. Akhirnya aku menerawang sekitar, mencoba najemin mata, telinga, perasaan yang kemungkinan udah mati rasa selama separuh waktuku disini.

Aku sendirian.

Itulah konsklusi yang bisa aku ambil.
Aku sendirian di kota ini. Walaupun bisa dibilang aku nggak bener-bener sendiri, masih ada orang-orang yang berlalu lalang di hadapanku tiap hari, menghubungiku tiap hari, tapi intinya aku sendirian.

Baru aja aku baca novel karya RadityaDika yang Radikus Makankakus, Bukan Binatang Biasa. Di salah satu cerpennya yang terakhir, dia bercerita tentang kenangan saat-saat penentuan SPMB.

Yah, nggak jauh beda dengan apa yang sedang terjadi padaku sekarang.

Di situ, Bang Radith dengan kocaknya nyeritain ke-'galau' annya menghadapi SPMB. Dia nyeritain dirinya yang nyantai abis, padahal dia bisa dibilang nggak terlalu pinter. (Tapi bagiku, itu omong kosong, Radith cuma 'memberikan' presepsi orang tentang dirinya yang konyol, bodor, geblek, alias menjelekkan dirinya sendiri demi komedi. Padahal dia cerdas banget. Buktinya dia bisa masuk SMA 70 dan kuliah di Adelaide kan?) Nah, dari situlah Bang Radith nyeritain kalo dia akhirnya sadar kalo musti belajar di sebulan sebelum SPMB dimulai.
Padahal lho ya, ortunya udah niat nguliahin dia di luar negeri. Kalo jadi dia, aku mungkin nggak bakalan repot-repot ikut bimbingan intensif dan asyik nyantai aja terus. Bakalan kuliah di luar negeri ini.

Tapi Bang Radith tetep ikut intensif, nggak peduli kalo seluruh keluarganya pada plesir ke luar negeri. Harapannya cuma 1 yaitu lolos Fisika UI. Hey! Fisika, man! UI lagi. ckckck.

Walau diceritain dengan bahasa yang super kocak bikin ngakak, aku ngerasa sedikit 'tersindir' dengan cerita Bang Radith itu.

Iyalah. Bang Radith keliatan banget serius walopun gayanya rada bodor gitu kalo pengen banget tembus SPMB pilihannya yang mahasulit. Itu sebabnya dia berusaha mati-matian berkutat dengan soal-soal tiap hari yg katanya bikin kram otak. Hahaha.

Sedangkan aku? Kram otak? Apaan tuh? Berkutat dengan soal-soal tiap hari?
No!

Aku tau aku ini punya penyakit MALAS yang akut. Yang belom bisa disembuhkan siapapun dengan obat apapun.
Kecuali ama kesadaran diriku sendiri.

Tapi disinilah letak masalahnya. Kapan kesadaran diriku muncul itu kayak orang jualan duren. Kadang-kadang ada, kadang-kadang nggak.

Aku sampek miris kadangan. Aku udah ngecewain Bunda, ngecewain Ayah, ngecewain semua yang biayain sekolahku. Karena aku ngerasa semenjak aku menjejakkan kaki di kota ini untuk menuntut ilmu, akhirnya hanya aku gunain sebagai ajang 'pelarian' dari aturan-aturan yang udah ada di rumah dulu. Maklumlah, dulu aku paling nggak bisa keluar seenak jidat. Musti jelas juntrungannya, musti terbatas waktunya, kalo nggak Bunda pasti ngomel-ngomel akibatnya nggak ada jatah uang saku. Huff.

Tapi sekarang, aku bener-bener hidup sendiri, nggak ada yang ngawasin 24jam penuh, nggak ada yang mau peduli aku mau kemana, ngapain, mau pulang jam berapa. Pokoknya apapun yang aku lakuin disini, lepas dan bebas sepernuhnya dari kontrol dan pengawasan Bunda.

Itulah sebabnya kayaknya aku terlalu lepas kendali. Terlalu terlena, sedangkan Bunda mengharapkan aku bisa bener-bener nuntut ilmu supaya nanti pas tes SNMPTN aku bisa dapetin Univ yang aku mau. Nggak sedikit duit yang udah dikeluarin Bunda buat bela-belain ngelepas aku buat bimbingan disini.

Aku nggak bisa bayangin kalo Bunda tau apa aja yang udah aku lakuin disini. Buku-buku ratusan ribu yang saking tebelnya bisa bikin orang kena gegar otak kalo digetok itu cuma tergeletak nggak ada gunanya. Penjelasan tentor cuma whuuuus seperti sekelibat angin yang nggak aku dengerin karena pikiranku berada di luar itu semua. Di kamar pun jangankan menyentuh buku-buku itu, aku cuma ngelakuin hal-hal: kalo nggak makan, ya tidur, kalo nggak tidur, ya online berjam-jam, kalo nggak online, ya baca novel, kalo nggak gitu ya keluar jalan-jalan. Gituuuuu terus berhari-hari.

Sampek hari ini. Hari ke limabelas bimbinganku. Dan hari ke19 aku berada di kota ini.
Aku ngerasa udah berbuat zalim. Zalim ke Bundaku, ke semua orang yang berharap banyak padaku.
Aku ngerasa ngecewain mereka.
Apalagi aku udah kadung malu. Malu pada Sang Pembuat Takdir. Aku berharap padaNya untuk mengabulkan permintaan-permintaanku, tapi aku menjauh padaNya. Aku berjanji akan mendekat padaNya, tapi aku lalai. Aku berdo'a padaNya setiap hari, tapi aku masih saja berbuat dosa.
Aku ngerasa malu. Sangat malu ngerasa kalo ada Sang Mata yang memperhatiin tindak-tandukku disini. Aku malu masih meminta-minta.

Punya daya apa aku ini? Kok sombong banget jadi manusia. Aku ngerasa dengan kemampuanku, aku bisa? Menunda-menunda pekerjaan? Merasa kalo semuanya akan gampang nanti, merasa kalo ah..pasti bisa.
Emang itu bagus untuk membangun kepercayaan diri. Cuma, itu terlalu berlebihan. Dan aku adalah orang sombong dan takabur, hingga nggak mau belajar dan tiap hari hanya hura-hura terus.

Teringat lagi bukunya Bang Radith. Dia bilang kalo apa sih bahagia itu? Di akhir cerita, saat dia udah di Adelaide, dia nerima pengumuman kalo dia lolos SPMB Fisika UI, bisa bikin bangga ortunya, keluarganya, pacarnya, dia akhirnya tau kalo itulah salah satu bentuk kebahagiaannya.
How sweet.
Setelah apa yang telah Bang Radith korbankan. Hasil dari perjuangannya buat capai itu.

Hahaha. Bang Radith sih enak ya. Dia kan anak orang tajir yang nggak masalah buat ngeluarin uang demi pendidikan. Apalagi dia udah 'ngantongin' Adelaide University sebelumnya. Jadi toh, SPMB hanya ajang 'kedua' buat ngukur kemampuan dia.

Tapi kalo aku? SNMPTN ini adalah hal yang besar. Hal yang bakal ngubah hidup aku seterusnya. Mau jadi apa aku, karierku, semua tentang masa depan yang aku impikan. Dengan kondisi keluarga yang bertolak belakang dengan Bang Radith, jadi aku nggak punya banyak pilihan. SNMPTN ini lah satu-satunya jalan. Sesuatu yang insyaAllah masih bisa tercapai dengan kemampuanku dan kemampuan finansial keluargaku.

Tapi liat sekarang? Apa yang aku usahain? Belajar? Ngulang materi yang diajarin tentor-tentor? Atau latihan soal-soal?
Nggak.
Nggak satupun.
Aku masih leha-leha, santai-santai, nganggep kalo semuanya tuh bisa dikebut.
Padahal tryoutku nggak pernah lulus.
Aku pun juga sering bolos.

Gitu aku pengen lulus? Gitu aku pengen bisa? Ngerasa aku udah pinter? Padahal pas aku liat matematika: deng..deng..BLANK. Alias BLAS. Aku bener-bener nggak ngerti.

Bang Radith yang udah pinter aja masih harus berjuang keras.
Apalagi aku yang biasa-biasa ini?

Gimana? Gimana? Gimana?
Gimana bisa? Waktu masih tinggal separuh. Apa aku bisa ngejer ketinggalanku? Apa aku bisa dalam waktu yang tersisa ini bangkit dan berusaha lagi?
Anyway, aku udah coba nyadarin diriku sendiri.
Tapi akhirnya, semuanya dikalahin sama nafsu hedonis dan kemalasanku.
Gimana coba aku bisa berubah?
Aku bener-bener bingung.

Kata Bang Radith, "SPMB itu sendiri seperti hutan yang penuh binatang buas, siap menerkam satu sama lain. Untuk tembus SPMB, kita harus menjadi lebih dari binatang biasa, bukan binatang biasa."

Itu dia quote yang aku suka, yang aku coba inget-inget sekarang. Dengan kata-kata simpel dan mudah diinget serta unik, perumpamaan kata BINATANG itu yang musti digarisbawahin.

Aku musti jadi binatang yang lebih liar, lebih buas, supaya bisa bersaing dengan binatang-binatang lain. Aku nggak mau jadi siput yang lemah, lamban, dan hanya bersembunyi dalam cangkangnya. Aku mau yang lebih liar, lebih buas. Aku mau menaklukkan rimba SPMB. Aku harus jadi bukan binatang biasa.

Aku bakal berusaha, bakal berdoa, bakal mendekatkan diri padaNya. Karena tanpa pertolongannya, binatang terhebat pun pasti bisa binasa.
Aku bisa. Aku akan bisa. Aku pasti bisa.
Aku akan sukses.
Yes Yes Yes.

Share:

0 komentar