Aku Kini Seorang Anggota Mafia

Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarakatuh

Ngerasa aneh? Kok tumben2an si Fhay dari awal ngucap salam? Hehehe. Nggak usah segitu kaget dong. Kan saya muslim. Dan saya juga mencintai islam.

Nahlo kaget lagi ya dengernya? Kok si Fhay kini belagak jadi islamic gini.
Hohohoho. Sebelum dijelaskan, saya mau bilang: Minal Aidin Wal Faidzin, Mohon Maaf Lahir Batin. Walau agak telat karena tanggal 1 Syawal udah lewat 12hari yang lalu. Tapi nggak papa. Nggak ada istilah telat kan buat minta maaf dan memaafkan? :)


Omong-omong, nggak usah curiga kalo aku kenapa-kenapa. Abis dicuci otak para dedengkot yang mau nyuci otak anak-anak muda buat hal yang ngatas namain jihad dalam islam padahal intinya mereka teroris (ih naudzubillahimindzalik), atau abis dirukyah 12hari 12 malem :p. Nggak kok. Aku masih Fhay yang sama. Fhay yg cantik, yang baik, yang anaknya Bunda Mala (abis mau siapa lagi?), yang selalu (ngaku) umurnya 14tahun, yang polos (udah jadi trademark nih), yang baru lulus SMA dan mau jadi mahasiswi (nahlo, ketauan deh umur yang sebenernya lu, Fhay -_-). Pokoknya hal-hal yang dulu melekat pada diri Fhay tenang aja kok. Masih ada semua.

Tapi manusia nggak akan pernah mencapai sesuatu hal tertinggi dalam hidupnya sebelum berubah, bukan? Hehehehe  tentu aja. Semua manusia pasti pengen berubah ke arah yang lebih baik kan? Siapa sih yang mau awalnya jadi manusia, abis itu jadi cumi-cumi?-_-" Garing ya? Hehehehe.

Itu dia point'nya, people. Berubah jadi makhluk yang lebih baik adalah impian semua orang sejagad. Kayak pemulung yang pengen bisa jadi pengusaha daur ulang biar nggak mungutin sampah, kayak sarjana yang kalo lulus pengen ngeraih gelar master bahkan doktor, kayak pegawai rendahan pengen jadi bos, kayak anggota DPR yg pengen jadi kayak Gayus Tambunan semua, biar bisa pergi ke Bali gitu (ups). -_-v.


Gitu juga aku. Aku berubah seiring waktu. Sama seperti orang2 lain. Berubah dari bayi, anak2, remaja, dan kini aku udah beranjak dewasa. Yang udah bakalan mikir tentang hidupku sendiri. Yang akan ngepakkan sayap2ku sendiri. But, Bukan cuma fisikku yang berubah, tapi pasti  juga pemikiran2ku. Hanya bedanya, fisik itu UDAH PASTI berubah, tapi pemikiran2ku, itu lain urusan. Aku nggak tau apa perubahan2 ini udah membawa dampak positif hingga aku bisa jadi metamorfosis yang baik sesudahnya.


Ngomong2 soal perubahan, akhir2 ini banyak perubahan yang aku rasa. Mulai kerasa banget waktu Sang Bulan Suci datang. Aku kira aku udah nggak bisa lagi nyambut Ramadhan dengan semangat dan sukacita tingkat tinggi kayak dulu. Aku bahkan berdoa agar hatiku dipenuhin semangat nyambut Bulan Penuh Berkah.
Tapi sampek 10hari terakhir, semangatku kayak neraca pembayaran yang defisit terus-menerus. Apalagi, ditambah lagi persoalan "Setahun Cewek Itu Tinggal di Rumahnya". Hahahaha nggak sadar ya udah setaun tuh cewek tinggal di rumahnya ya? Hehehehe. Emang sih, awalnya bikin galau, tapi, orang2 terdekatku lah yg  ngasih aku pencerahan. Mereka bilang: "lepasin aja. Kalo belom dilepasin, dia nggak akan bertindak ngusir tuh cewek, nggak ada usaha buat bikin kamu nggak sakit lagi. Apalagi si cewek kayaknya nggak ada i'tikad baik buat keluar dari rumah itu."
hahhahahaha aku pun nurut. Akhirnya aku lepasin hubungan yang hampir jalan 2th tanggal 10-10-12 nanti. :) Aku baru kali itu bisa seikhlas itu loh asal tau aja. Maksudnya, aku udah nggak peduli lagi mau si cewek tinggal di sana, mau jumpalitan, mau nyebur empang, mau makan beling kayak debus aku nggak mau tau. Mungkin waktu itu mataku udah kebuka ya. Masih banyak cowok di dunia ini. Apalagi aku cantik, cerdas, dari keluarga baik2, siapa yang nggak suka aku? Dan bener, setelah ngelepasin dia, pasaran malah makin banyak :p hehehehe


Tapi bukan itu perubahan terbesarku. Itu hanya sebagian kecil dari awal perubahanku.

Awal perubahan yang ada pertama kali adalah perubahan statusku dari pelajar SMA ke mahasiswi. Aku belom cerita ya kalo aku udah resmi jadi mahasiswi FKIP Bahasa Inggris Universitas Jember? hehehe. Telat banget sih ya :p Sekarang aku bukan anak ingusan yang cuman diatur2 guru, kini yang musti berkembang adalah pola pikirku. Dunia kuliah ini sebenernya lebih menegangkan. Semua baru, sistem pendidikan baru, temen2 yang bener2 baru, dan pola hidup baru. Dengan menanggalkan status pelajar SMA, aku udah bisa dibilang harus mandiri, ngatur  hidupku yang kini terpisah jauh sama ortu. Ngatasin masalah2ku sendiri, dan otomatis, itu ngeharusin aku untuk berubah. Sekali lagi, berubah menjadi manusia yang lebih baik.


Kedua, keluargaku. Hahahaha. Aku kini punya keluarga baru. Keluarga yang alhamdulillah baik2 semua. Aku bisa jalanin Ramadhan kali ini dengan keluarga yang utuh (minus abang, dia kan ada di Bali). Bahkan aku kini makin punya sodara banyak. Hari Raya kemarin aku rayain di Bangorejo, tempat keluarga2 baruku berada. Wow! Aku nggak pernah ngerasa keluarga sehangat itu baik di keluargaku dari Bunda, atau dari Ayah. Awal kedatangan kami sore itu disambut meriah dan spesial. Padahal kami bukan keluarga mereka, tapi mereka memperlakukan kami layaknya sodara kandung. So Warm {}
Aku juga dikenalin sama sepupu2ku (yang semua pada manggil 'mbak' di aku karena aku sodara paling tua secara urutan) ampe berasa  tua banget. Padahal aku bisa dibilang paling muda :p. Ada mbak2 yang udah merit n punya anak juga padahal. Ckckck. Aku lupa namanya tapi. Terus ada Dek Ulul, semester 7 Unej dan adeknya Nala. Dek Ulul neh baek bgt loh (Dia ttp kupanggil Mbak karena sungkan lah dia kan lebih tua dr aku. Walopun dia juga manggil mbak di aku.Intinya mbulet -_-")
Terus ada si kembar Dek Yusuf n Yunus. Cowok2 semester 5 Unej dan adeknya Anis yang masih kelas 2MTs. Asal tau sih walopun kembar mereka nggak mirip. Baik fisik atau sifatnya loh. Katanya sih yang kakaknya yang Yusuf. Dia cowok yang nggak terlalu tinggi, mungkin beberapa cm diatasku aja, make kacamata(yg bedain dia ama adeknya), dan nggak terlalu banyak omong. Dia kuliah di FKIP (seniorku nih) jurusan Pendidikan Sejarah.
Beda banget ama adeknya, si Yunus. Yang ini agak lebih tinggi, badannya juga lumayan bentuk (keliatan kalo sering olahraga), nggak pake kacamata, dan ceriwis banget. Orangnya emang keliatan banget suka ngomong dan cepet banget berbaurnya.Pertama ngobrol aku langsung suka ama nih sepupu baru. Soalnya yang lain tuh kayak masih sungkan gitu mau ngajak ngobrol aku (padahal gue nggak suka gigit mereka-_-). Jadi apalagi aku orangnya kalo nggak diakrabin nggak akan ngakrabin dulu. Ckckck.Oh iya, dia kuliah di Unej juga Fak. Pertanian. Bener2 beda ama sodaranya banget. Kecuali wajah yang lumayan mirip, ama kulit yang sama2 itemnya sih. (Dan 22nya manggil aku 'mbak' walopun aku manggil mreka 'mas'. Ckckck-___-")
Yah, emang gitu ya orang kembar? Bertolak belakang banget.  Hahaha jadi bayangin anak2ku kalo kembar cowok gitu gimana ya? hihihihi. Ah nggak peduli deh, yang penting kompak dan pastinya lebih ganteng daripada mreka hohohoho :Dv
Nah adeknya si Anis nih biasa aja sih. Remaja biasa yang masih takut gendut -_-". Emang awalnya nggak terlalu akrab, tapi finally setelah ketemu beberapa kali, anaknya asyik kok.
Yang seumuran cuma itu. Sisanya ada Ima, Syifa, n Lulu yang masih unyil2 dan nggak bsa diajak seru2an.
Overall, semuanya asyik2. Sepupu2, bulek, paklik, uti, Seru dan kekeluargaan banget. {} Love 'em all.


Hehehe aku ngelantur ya? Mulai bosen baca dan bertanya2 kenapa kok ceritaku nggak ada hubungannya ama judul yang aku buat?
Tenang, u almost close to the point. ;)

Mafia ya? Hahahaha lucu juga aku ngibaratin hal ini sebagai ajang mafioso2an :p. Tapi nggak papalah.
Maaf ngecewain kalian, tapi kalian nggak bakalan nemuin cerita seru perdagangan ilegal, action tembak menembak dan beladiri kayak di film2 yang nyeritain mafia2 di TV tuh. Karena apa yang aku sebut mafia disini adalah prosesnya. Bukan subyek mafia secara harfiah.


Aku sebenernya udah ngerasa ingin menjadi 'mafia' sejak ramadhan tahun 2010 lalu. Hehehe. Saking aja waktu itu niatku belum bulat sepenuhnya.Dan masih ada penghalang2 lain yang membuatku memutuskan buat menunda sambil nunggu saat yang tepat.
Hingga Ramadhan tahun 2012 ini yang memberikan beberapa potong tambahan niat hingga nyaris bulatlah niatku untuk menjadi anggota 'mafia'.
Apalagi kini banyak orang yang mendukungku. Aku makin mantab untuk menjadi mafia yang sesungguhnya.
Kini aku hijrah dengan menanggalkan baju2 dress2 pendek, tanktop, hotpants, rok mini, kemben2 dll yang dahulu membuka auratku dan kupamerkan ke sepanjang orang yang kutemui selama 18th hidupku, berganti dengan baju2 berlengan panjang, clana panjang, rok panjang, dan........jilbab. Yah, mafia yang kumaksud adalah jalan pilihanku untuk berhijab. Menutup aurat yang selama ini terbuka lebar untuk semua orang, kini hanya untuk orang2 yang menjadi Mahramku saja.

Kaget? hahahahaha. Benar. Mafia yang aku jelasin disini adalah keputusanku untuk menjadi muslimah yang seutuhnya dengan menutup aurat dengan benar.
Alasan? wkwkwk itulah yang ditanyain banyak orang mengenai keputusanku ini. Tapi hanya aku dan Gusti Allah yang tau mengapa. Tapi karena aku nge-share ini di blog, bolehlah kuberi tau beberapa di antaranya.

Sebelumnya, aku mau cerita, ternyata berhijab itu nggak sesulit yang kita bayangkan kok. Awalnya aku juga takut, takut nggak punya style dan saltum. Ih anti banget kan murid Kadek Modelling School yang dilatih Sukirno Fajar yang terkenal itu salah kostum? NOOOOOO!!!!!!!!





Tapi, kebalikannya. Berhijab itu asyik. Kayak ada tantangan tersendiri gimana cara mix n match baju, bahan, warna, dan yang lagi tren, model2 jilbab yang kini udah modern dan totally fashionble.Bener2 seru dan nggak ngebosenin. Lebih keren malah daripada style ku waktu tanpa jilbab. :D
Selain itu ada hal positif yang bisa aku nikmatin selain dari segi fashion. Yaitu, kini aku kalo jalan sendiri di jalan, nggak ada yang berani ngeliat, nggak ada yg berani suit2 ato ngegodain. Alhamdulillah banget. Aku jadi ngerasa aman.
Dan aku juga inget kata2 kedua bulikku. "Kalo cewe berjilbab itu, harganya lebih mahal. Ibarat baju berkualitas yang berharga mahal di etalase. Bukan di umbruk'an (tumpukan, red)"
"Kalo seorang wanita nggak menutup auratnya hingga ia meninggal, di akhirat kelak mereka akan digantung dengan kepala di bawah, n mereka dicelup ke api neraka dengan rambut2 n kepala2 mereka dulu."
Begitu motivasi yang masih aku pegang teguh hingga sekarang. Karena godaan2 itu silih berganti datang.

Eh jangan dikira nggak ada gangguan loh. Masih ada aja orang yang nggak percaya dan was wes wos berkata ini itu soal saya. Ah aku sih nggak ambil pusing.
Aku udah janji ama diriku sendiri kalo aku niat nillahi ta'ala ingin BERUBAH MENJADI ORANG YANG LEBIH BAIK.
Kalau ada orang yang ember sana sini itusih bukan urusanku lagi.
Hahahahaha bahkan ada yang sempet2nya bilang: "Wah, pensiun dong dari dunia modelling?" atau "Waduh, abis ini nggak bisa jadi fotomodel lagi?" de.el.el. De.es.be. De.es.te.
Lucu banget itu mnurutku. Hahaha karena dari awal aku tau kalo pilihanku ini bakal membuatku sedikit tersingkir dari dunia itu. Kadang aku masih suka ragu dan kadang2 suka kangen hunting foto bareng temen2 seangkatanku yang udah melalnglang buana berkat sering2 hunting foto kayak gitu.Tapi aku kembali inget ama niat terbesarku tadi.
Jadi mereka kujawab dengan jawaban enteng: "Bukannya pensiun, tapi dibatasin. Mungkin dulu aku nggak masalah dengan hotpants, kemben, tangktop atau bahkan minidress, kini aku cuma bisa hunting pake jilbab dan nggak akan mau kalo disuruh lepas jilbab. Terimakasih. :)"
Hahahahhahaha asli pengen ketawa aja. Berhijab kan nggak menutup kemungkinan untuk berkreasi.So what's the real matter, then? :D

Ada juga seseorang fotograferku yang bilang:
a: "Fhay sekarang berjilbab?"
f: "iya. Kenapa?"
a: "Selamanya??? :O" (dan ini yang membuatku cuma bisa nahan ngakak.)
f: "Tentu aja selamanya." (Lalu aku mikir apa ya perumpamaan yg bisa bikin nih orang diem, lalu muncullah konotasi MAFIA untuk pertama kali.) "Berhijab itu kayak bergabung jadi anggota mafia. Mafia itu mengutamakan loyalitas, siapa yang nggak setia harus disingkirkan, dan kalau gagal mempertahankan nggak akan ada ksempatan kedua. Saat kita memutuskan bergabung buat menjadi mafia, artinya kita udah siap dg segala resikonya, dan hanya sekali seumur hidup. Dengan memilih jadi mafia, nggak ada jalan buat kembali. Satu2nya jalan keluar ya mati. Itu aja." (wkwkwkwkw ini beneran loh. Entah deh dia paham atau nggak, aku nggak peduli :p)

 Nah, tau kan asal mula aku bikin judul itu? Mafia? hihiihi. Dikirain aku mafia beneran ya? :pv piss piss :D
Itu cuma akal pikiran aku aja kok. Perumpamaan buat perubahanku yang terbesar dan yang paling kelihatan. Merubah cara pandang orang lain melalui perubahan penampilanku. Dan aku juga inget kalo jilbabku ini bisa dikategorikan sebagai rambu2 yang ngigetin aku untuk nggak berperilaku yang nggak sesuai dengan penampilanku. Kan nggak enak aja kata orang gini: "ih tuh cewe jilbabnya buat kedok aja tuh. Padahal aslinya bejad" Ah nahlo, nggak mau kan dibilang kayak gitu?
Makanya, sebuah niat itu yang paling penting dalam suatu hal. Ibarat fondasi yang melandasi setiap bangunan tindakan kita. Kalo dari awal bukan dari hatinya, pasti suatu saat saat niat itu goyah, goyah juga pendirian yang udah dibangunnya. Naudzubillahimindzalik ya. :)

Aku Kini Anggota Mafia, aku bangga dengan jilbab dan penampilanku yang baru. Aku tau niat yang baik, akan mendatangkan hal2 yang baik.
Seperti aku yang udah bisa mulai sedikit 'diterima' dan 'diperlakukan baik' oleh keluarganya. Dan yang paling mengejutkan, si cewek itu kemarin malam, minta maaf sama aku secara langsung. Hahaha sungguh keajaiban Allah SWT deh yang bisa membuat hal kayak gitu. Walaupun aku nggak begitu peduli lagi sama seluruh keluarga itu karena ada hal yang lebih besar yang menunggu di luar sana. Sesuatu yang memotivasiku hingga sekarang untuk berubah menjadi lebih baik dan lebih baik lagi.

Aku seneng mereka kini udah bisa menerima aku, dan cewek itu juga nggak macem2 ato seenggaknya bikin aku sebel (walo pada dasarnya aku masih sebel sih), apalagi dia udah minta maaf. Aku hargain keberaniannya buat minta maaf. Dan aku nggak ada hak buat marah ke dia lagi.
Karena perhatian mereka bukan apa2 lagi bagiku.
Udah bukan prioritas utamaku kayak dulu.
Mungkin suatu saat mereka bakal sadar, bukan aku yang akan kehilangan mereka. Sebaliknya, mereka yang akan kehilangan aku.

Aku yakin rencana Tuhan itu selalu nggak terduga.
 Dan aku suka kejutan2 tak terduga yang diberikanNya itu.
Karena itulah aku masih bisa bertahan hidup dan bersyukur.





NB: Sebenernya masih ada sesuatu yang terlewat. Salah satu dari keajaibanNya yang aku percayai adanya.Yang akhirnya membuat bulatan niatku untuk berhijab makin sempurna.
mungkin di kesempatan lain akan aku ceritain :)
Now, hv to go to bed. So sleepy *yawn*
Bye

-Fhay-




Share:

0 komentar