SAD (Sungguh Aku (sedikit) Depresi) NB: karena kecerobohanku, postingan sebelum ini malah kehapus. untung masih ada file yang aku simpan di dokumen laptop. Seharusnya ini terbit tanggal 4 lalu. Sorry, People. -__-v


SEDIH
Hai Pria disana
Sudah lama sejak
Kita terjebak dalam pikiran yang kurasa tlah bebas
Bertanya-tanya apakah
aku benar-benar mencoba semua yang  kubisa
Tidak tahu apakah aku harus mencoba sedikit lebih keras

Hai Pria disana
Sudah panjang malam yang berlalu
Sejak aku hanya duduk di sini
Berusaha untuk tidak melihat ke belakang
Masih melihat jalan
yang tidak pernah kita lajui
Dan bertanya-tanya apakah yang
kupilih ini tlah tepat


Oh, tapi aku
terlalu takut untuk memberitahumu
Bahwa mungkin tidak ada lagi yang seperti ini
Dan 
kuakui bahwa aku hanya berpegang pada benang yang tipis

Kutendang kerikil kecil di pinggir jalan yang menghalangi langkah
Karena kau tak pernah mendengar
Kata-kata yang
kau butuhkan dariku
Dan
kutendang debu karena kurasa
Aku tak pernah memberimu
Tempat yang
kau butuhkan untuk memiliki
Aku
sedih


Bukan. Itu tadi bukan puisi seperti sebelumnya. Aku bener-bener buta sastra sebenernya. Kata-kata yang aku tulis itu cuman buat curhat. Kalo aku lagi marah, lagi seneng, lagi kecewa sama seseorang. Kadang ya aku nulis sebagian dari dia. Dan buat nyamarin, somehow aku bikin cerpen dengan karakter yang disamarkan. Atau puisi yang kata-katanya nggak akan dimengerti siapapun. Yaiyalah. Lha wong aku bikinnya ngawur. Kalo ada penyair lewat, udah kena epilespi kali gara-gara liat kata-kataku yang ngelantur gitu. :p hhehehehe nggak papa sih. Namanya aja kreasi anak negeri, ya? Hidup Indonesia!!!!!!

Anyway, itu tadi bener-bener bukan puisi lho. Hayooo coba diteliti kata-katanya. Apa ada yang aneh. Yak silahkan scroll up lagi buat liat kata-kata di awal tadi :D
Eh, bukan ngerjain lho. Tapi serius liat deh. Ada yang nggak asing dengan kata-kata itu?
Tau? Pinter.
Nggak tau? Ah, payah. Hehehehehe -___-v
Oke oke. Itu kan lirik lagu. Nggak pernah tau ya? Hihihi. Kesian deh. :p
Yap, itu lirik lagunya one of my fave band ever, Maroon 5.
Eits, tunggu. Maroon 5 bukannya band luar negeri? Tapi kok pake bahasa Indonesia? Apakah Adam Levine sudah ganti kewarganegaraan gara-gara naksir berat sama aku? *botol langsung beterbangan*
Wkwkwkw ampuuuun. Jayus ya? Hehe. Nggak kok. Adam Levine masih di Amerika sono dan kayaknya seumur hidup nggak bakal ketemu aku *so sad*. Dan dia kayaknya masih cinta Bahasa Inggris tuh :’(
Back to the topic, kok bisa-bisanya itu lagunya Maroon 5 sih? Bingung? Bingung?
Yaiyalah, kan soalnya udah aku translate. Apa gunanya kuliah di Pendidikan Bahasa Inggris kalo translate lagu aja gak bisa? :p hihihihi. (meskipun ada bantuan teknologi dikit. Thanks Mbah Google.Translate :p)v
Aslinya tuh lagu judulnya SAD. (Sad kan bahasa Inggrisnya SEDIH. Bener? Bener? Bagus.) Jadi tanpa banyak ngubah kata-kata nya. Walhasil kayak gitu deh kira-kira isi dari lagu si sexy Adam Levine. Diiringin piano yang keren, ditambah suara khas mas Levine, bikin nih lagu so spesial banget. Dan udah beberapa hari sejak aku download, dia berada di playlist teratas baik di Blackberry atau Laptop.
Tau nggak kalo beberapa postingan blog sebelumnya aku bikinnya sambil diiringin lagu ini yang aku REPEAT ONE. Jadi jangan heran kalo tiba-tiba aku ngepost lagu ini. Dan sebenernya lagu ini juga aku bikin jadi Background Blogku. Tapi gara-gara lemotnya koneksi (dan otak saya), masih belom bisa diaplikasikan (hiks) :’(
Sad. Sedih. Aku mungkin sedang sedih gitu dipikir? Hahahaha. Nggak juga sih. Kalo ditanya lagi sedih, mungkin iya. Tapi kalo ditanya sedih tentang apa, I don’t know-___-“ karena semuanya kerasa ngelayang-layang di pikiranku. Koyo layangan hang pedhot bolahe kalo kata orang Osing(asalku) hehehe. Semuanya muncul satu persatu kayak slide show di Microsoft Powerpoint.
Persoalan kuliah yang aseli ribet( aku belom dapet tanda tangan Dosen Pembimbing ampe hari ini. Look how pity I am :”( abis tu dosen kaga pernah muncul ke peradaban. Ampe capek nyari deh.)
Terus tadi aku abis telpon bunda. Perkaranya, di status bbm anak-anak pada update ‘Banyuwangi Gempa’ gitu. Lha siapa yang nggak takut coba. Langsung deh bangun tidur langsung kaget dan telpon bunda. Eh, yang ditelpon malah nyantai n bilang: “Gempa? Masa? Kata tetangga sih iya. Jam 2 pagi. Tapi bunda nggak kerasa tuh, kan lagi tidur.” Dasar. Emang like mother like daughter. Bunda selalu mencela gaya tidurku yang kayak orang mati. Nggak sadar kalo aku dapetnya kan dari gen dia juga -___-“”
Setelah tanya kabar, aku ditanya kapan pulang. Otomatis aku bilang aku kangen banget, kangen bunda, ayah, apalagi si Kecil Einsy yang katanya nanya’in aku terus :”( gitu Bunda juga ngiming2in kalo hari ini dia masak masakan kesukaanku. Hiks. Makin tambah kangen. Walhasil, niat pengen bolos minggu pertama kuliah dan pulang naek kereta hari ini. Tapi ketua kelasku bilang yang belom dapet TTD DPA dtunggu ampe JUMAT. Jahara banget. ;( jadi rencana beli tiket tadi siang gagal.
Dan akhirnya sekarang saya sendirian di kosan. Nggak makan, nggak mandi (jorok-_-) dan nggak melakukan apa-apa selain dengerin lagu SAD ini dan mata mantengin laptop sedari pagi. Nggak peduli badan udah pegel2 dan mata udah pusing kliyengan. Hiks.

Iseng-iseng tadi aku buka YOUTUBE. Gara2nya ya nih lagu. Salah satu lagu yang diambil dari album barunya si Maroon 5. Overexposed. Pianonya kok dalem banget. (sumur kali-__-) dan aku nyoba search.
Ternyata yang ada bukan aslinya. Melainkan video-vido cover’an. :( ada yang cover pake piano, biola, gitar dll. Bagus sih. Tapi nggak sama kayak Levine :”(
Terus ada satu video yang pake piano. Karena nganggur, aku asal klik aja. Pengen dengerin nih orang mainin jari2 di tuts keyboard yang item putih mirip zebra itu.
Bagus. Bener-bener bagus. Hampir mirip lagu aslinya.

Tapi tiba-tiba aku inget sesuatu yang tiba-tiba muncul.

Aku pernah main piano terakhir kali waktu itu. Lagunya OWL CITY yang If My Heart Was A House. Walaupun aku nggak bisa piano (sebenernya waktu itu bukan piano sih. Itu cuman piano mainan yang panjangnya nggak sampek satu meter-_- dan suaranya aneh). Piano itu milik dia.

Aku pernah denger dulu Mamanya bilang gini soal piano: “Besok aja aku beliin piano yang asli. Nantik kamu belajarin, jadi nantik Ibuk kan bisa nyanyi, yang ngiringin kamu sama Masmu.” Gitu katanya ke dia.

Dan karena inget dia yang payah musik. (walau nggak payah2 amat, senggaknya kayaknya lebih bisa an aku deh daripada dia-_-“), aku jadi pengen juga punya piano suatu saat. Karena menurutku piano itu alat musik yang sexy, anggun, dan bisa dibuat lagu apa aja. Lagipula, kalo main piano tuh kesannya damai banget. Nyaman di telinga walau tuts yang dipencet ngawur:p (aku banget-_-)

Yah, mungkin ini impian agak gila. Karena aku ‘lumayan bisa’ wlopun Cuma akord dasar dan pake tangan 1, aku yakin aku bisa belajar piano buat Mamanya.
Yah, kan. Keingetan lagi. Sadar, Fhay. Kamu kan bukan pacarnya lagi. Keluarga itu bukan ‘calon’ keluargamu lagi. Mereka kan sudah memilih.

Aku liatin tuh video lamaaaaaa banget. Aku repeat terus ampe aku bosen. Lagu SAD yang tiba-tiba bikin aku inget ke kejadian 2malam lalu.

Aku kerumahnya lagi. Niatnya sih cuman minta paku buat nyantolin gantungan di kosan. Tapi akhirnya aku ampe sore disana. Soalnya temennya yang dari Banyuwangi dateng. Aku juga ikut jemput temen-temennya itu di Alun-Alun.
Pas dirumahnya, tiba-tiba aku dipanggil Mamanya buat bantuin Mamanya masak buat nyambut tamunya.
Nahlo, siapa sih yang nggak seneng kalo kamu ngerasa dibutuhin? Apalagi ama orang yang selama ini kamu harep2in supaya bisa menerima kamu.
Akhirnya dengan antusias yang tinggi, aku bantuin di dapur waloupun yang dimasak cuman omelet tahu, aku seneng aja bisa baur dan disuruh-suruh dari mulai ngupas bawang merah dan bawang putih sampe kukuku kena pisau saking semangatnya (dan FYI, aku abis bikin nail art beberapa jam yang lalu :( ) tapi nggak papa lah.
Ampe saat aku ngatur piring di meja makan, jeng..jeng…ada Jenglot dateng dengan badan cebol dan rambut panjangnya yang SO LAST YEAR! Dateng dengan wajah semanis gula (yang sayangnya langsung bikin diabetes, iukh) sambil bawa gayung (kirain dia sekarang dagang gayung, nyamain muka gitu, ups) dan berkata:”Ini Tante tadi pagi gayungnya pecah, ini Jenglot beliin yang baru.”
Najis. Pengen muntah. Pengen mecahin piring-piring di tanganku, pengen aku siramin sayur tuh kepala yang isinya Cuma kelicikan. Arrrrrghhhht!
Tapi aku nggak bisa. :( Jenglot itu udah minta maaf ke aku. Aku nggak boleh dendam. Sabar..sabar…Batinku ke diriku. Apalagi kalo aku nggak baik2in dia, malah ganti musuh ama Mamanya. Masya Allah. Bener2 hal yang susah buat dilalui. :”(

Di meja makan, aku bahkan bilang: “Tante, Mbak Jenglot nggak diajak makan sekalian.”
Nahlo, kurang sabar gimana? Meskipun hatiku suakit pas nyebutin salah satu makhluk yang harus dimusnahkan dari dunia ini itu, aku tetep merhatiin dia kan? Supaya apa coba? Supaya mamanya nggak ngira aku ini cewek manja yang arogan dan nggak beretika. Padahal kalo Tante itu BUKA MATA AMA BUKA KUPING. NGGAK MBUTA DAN NGGAK MBUDEG, pasti dia tau siapa yang sebenernya kayak gitu. -_-“

Setelah kedua tamu cowok itu duduk di meja makan, si Jenglot dipanggil lagi sama Tante itu: “Jenglooot! Makan itu bareng-bareng temennya. Lha itu temenmu tuh disapa dulu.” Padahal temennya samasekali bukan jenglot atau sebangsanya.
Dan Jenglot itu keluar dari kamar (spesial)nya. Dan tebak dia dapet duduk dimana?
SEBELAHKU.
Aku ampe nahan-nahan buat nggak nyeletuk: “Kok aku tiba2 gatel mirip alergi gini ya?” or “Ngerasa ada bau menyan nggak?” -____-
Tapi aku tahan.
Aku tarik napas dan aku keluarin (yak itu namanya bernapas, yeah, I know!). nyoba nahan sabar. Bahkan aku nyiapin piring n sendoknya loh. Aku bener2 baik kan? :’)
Lalu mulailah dia mendominasi percakapan. Gosh, emang dia tuh penjilat banget. Tuhan, kok ada sih cewek kayak gitu. Ckckckck. Karena aku yang keliatan blo’on, aku nyoba tanya : “Eh mbak Jenglot ini kerja di mana sih?”
Dia keliatan kaget banget aku berani tanya dengan nada sedatar itu (padahal jambak dan injek2 dia sekarang juga berani). Lalu dia jawab: “Aku kerja di kuburan..bla..bla..tau namanya Mbah Jambronk? Itu bla..bla.. tau?”
Aku yang emang nggak tau daerah sini Cuma gelang2 kepala mirip ayam mabok.
Ngeliat aku yang nggak paham dia balik tanya ke DIA! “ini kek si Pelo ini tau. Kapan2 ajak aja kasih tau.”
Dan saat itu aku pengen teriak, “NGAPAIN BANGET PENGEN DIAJAK KE TEMPAT LO KERJA, KAYAK NGGAK ADA KERJAAN LAEN AJA!!!”. Tapi nggak. Aku diem aja Cuma manggut2 lagi mirip ayam tiren lagi disko.

Tapi tau apa yang terjadi selanjutnya?

Ini dia..jeng..jeng… *idupin suara auman serigala*


Mamanya yang ada di belakangnya nyeletuk. “Mbak Jenglot ini disayang loh sama Juragannya. Ya, Jenglot ya? Bla…bla…bla…
Lalu si Jenglot Cuma senyum penuh kemenangan.

Aku akhirnya Cuma ngaduk-ngaduk makanan yang ada di piringku. (karena selain makanannya NGGAK ENAK-Tante ini payah masak. Kalo dibandingin ama masakan bunda ya kayak sini ama JabalkatQirun- (n) juga karena selera makanku udah hilang).
Entah apa maksud Tante itu. Mungkin mau bandingin aku ama tuh Jenglot?
Ya nggak bisa lah. Secara aku nggak kerja. Aku masih mahasiswi.
Mau nunjukin kalo Jenglot lebih mandiri?
Hey, yang mandiri itu aku. AKU TINGGAL DI KOTA INI SENDIRI, NGEKOS, NGGAK NUMPANG GRATISAN DI RUMAH MANTANKU.
Atau mau nunjukin ke kedua temen si Pelo kalo anaknya disukai ama 2 cewek yang kini duduk berjejer mereka?
Idih. NAJIS. Nggak deh suka ama cowok pelo gitu, yang BODOH dan PAYAH.
Or pengen nunjukin kalo Jenglot itu lebih baik daripada aku?
Mungkin.
Atau bahkan udah memilih?
Nunjukin ke kedua tamu cowok yang udah tau kalo si Jenglot ini adalah pacar anak tersayangnya. Ya, siapa sih nggak tau kalo pacarnya Pelo ini Jenglot dan sebaliknya?
Lalu mereka bertanya-tanya siapa aku.
Siapa cewek yang nggak diundang ini?
Kalo aja bisa, pasti bakal aku teriakin di kuping mereka KALO AKU BUKAN SIAPA-SIAPA. Bener kan?
Tapi nggak. Aku diem aja.
Padahal hati udah sakit banget. Tapi aku sadar diri. Aku Cuma diberi harapan palsu. Mereka mungkin sedikit melunak sama aku akhir2 ini karena kasian. Kasian karena aku nggak henti2 berharap yang sama.
Berharap diterima.

Hanya saja, harga diri. Kembali masalah harga diri. Bolehlah mereka menghinaku saat mereka sendiri. Bukan dihadapan kedua tamu yang sama sekali tidak tahu menahu. Saat itu aku benar2 merasa ciut. Kecil.
I was wondering, apa emang aku emang terlampau nggak berarti, atau emang mereka yang nggak melihat apa yang orang lain lihat?

Sesudah itu aku Cuma diem. Nyoba ngatur n ngubah ekspresi wajah supaya kembali seperti sediakala. Walaupun mata udah nggak kuat, tapi itulah salah satu hebatnya aku. Aku masih bisa senyum dan bersikap seolah-olah nggak ada yang terjadi.

Lalu saat semua orang menuju ke ruang tamu buat bercakap-cakap, siapa yang bertugas beresin meja makan? Siapa yang kudu balikin sayur dan lauk ke keadaan semula (berantakan). Yah, AKU. Siapa lagi? Jenglot itu? Nggak! Dia asyik aja tuh ngobrol ama tamu2 itu ditemani si Pelo persis kayak suami-istri yang lagi menjamu tamu.
Oh iya, lupa. Statusku kan Cuma pembantu ya? :”)
Yang nggak dipeduliin dan nggak dianggap.

Ooh, nggak papa. Aku masih kuat. Aku kembaliin semuanya sampek rapi meja makan itu. Setelah selesai aku ke ruang tamu. Ikutan nimbrung. Padahal aku nggak punya topik buat dibicarain. Otakku kan Cuma sekelas pembantu ya? Jadi aku biarin aja Jenglot itu mendominasi lagi.

Beberapa menit kemudian si Jenglot pamitan mau keluar. Dan dia ke ruang keluarga di belakang.

Aku kira masalah selesai.

Ternyata itu  bukan endingnya.

Aku denger dia bercakap2 entah-apa sama Papa Mama si Pelo. Kedengerannya semacam curhatan gitu. Lalu mereka ketawa-ketawa. Aku Cuma denger: “iya terserah Jenglot deh. Oom ama Tante mah dukung aja. Bla..bla..bla..” Lalu mereka ketawa bareng. Persis kayak keluarga.

Aku nggak dengerin lagi. Baik obrolan mereka atau obrolan tamu2 ini.

Aku Cuma ngerasain sakit aja. Campuran antara kecewa, marah, sebel. Aku udah nggak bisa nahan lagi.

Bersyukur abis itu sang tamu istirahat di kamar. Aku udah nggak bisa nahan lagi. Aku berkaca-kaca. Inget bunda yang malah makin memperparah suasana hati.  Finally aku menitikkan air mata. Entah maybe aku nangisin kegoblokanku sendiri.

Saat itu aku tahu bahwa waktuku untuk berada disana udah berakhir. Aku harus pergi. Aku pamitan. Dengan tisu yang masih dipegang di tangan. Aku nggak meduliin kata2 cowok Pelo itu yang nahan2 aku supaya nggak pergi.

Tapi aku pergi. Dan nggak ada yang menahanku kecuali Dia. Aku pamitan sama tamu2 itu, sama Mamanya, dan aku memacu motor keluar dari area rumah terkutuk itu.

Di jalan air mataku nggak bisa berhenti ngalir. Yang kedenger Cuma lagu Maroon 5 SAD ini yang terngiang2 walopun nggak ada satupun suara musik itu.

Aku bodoh banget. Udah tau kalo aku udah disakitin berulang kali, tetep aja nekat kesana. Tapi gimana lagi, jauh di lubuk hati aku pengen diterima. Kayak layaknya orang tua2 lain. Hahaha tapi nggak. Ini bukan orang tua biasa. Bukan orang tua yang cocok untuk anak kayak aku.

Mungkin mereka udah cocok dari sononya. Hingga kehadiran cewek kayak aku di antara mereka nggak akan ngerubah ke matchingan mereka.

Emang bener mungkin. Seorang ibu nyari pasangan buat anaknya berdasarkan sejauh apa kecocokan wanita itu dengan nya. Bukan kadar kecocokan dengan anaknya.

Dan aku sadar aku bukan kualifikasi mereka. Aku berbeda jalan dengan mereka. Yah, seperti kata lagu Sad ini. Aku Cuma bertanya2 apakah aku udah berusaha lebih keras selama ini? Kurang semua hal yang aku lakuin? Aku ragu ada yang bisa bertahan seperti apa yang aku lakuin.

Kembali pada video piano itu. Aku Cuma bayangin aja jari-jariku bisa nari2 selincah itu di tuts piano. Mungkin dengan itu Mamanya bisa respek? Hahahha pikiran yang tolol. Tapi aku bener2 bayangin suatu saat aku bisa ngiringin beliau nyanyi dengan kedua tanganku sendiri.

Sekarang, di kamar kosku, aku hampir 2hari nggak makan apa2, nggak keluar kosan, nggak ngelakuin apa2 sejak hari itu. Mungkin kesendirian yang bikin aku terus keingetan kata2 Tante itu. kata2 yang menjeblokkan aku persis kedalam tanah. Aku sakit hati. Aku benci. Benci ngarep2 terus. Benci bergantung terus sama dia yang nggak ngelakuin apa2 dan Cuma bisa ngeliatin aku diperlakuin kayak gitu.

Sekarang tanggal 4 September, hari ulang tahun si Jenglot kemarin. Aku bayangin mereka bikin pesta kecil yang meriah, Mamanya cium pipinya, ngasih hadiah kecil dan ngucapin kata2 happy birthday yang manis.
Hoeks. Aku muak. Aku muak mikirin mereka ya Allah. Apa segitu nggak bersihnya hatiku ini hingga nggak bisa maafin mereka? Kenapa selalu aja ada Jenglot itu yang bikin hatiku penuh dendam kayak gini? Aku udah ngerelain hal2 itu terjadi di depan mataku. Tapi aku cuman miris. Apa yang aku usahain selama ini sia2 aja. Nyatanya niat baikku nggak terbalas dan nggak bisa ngetuk pintu hati Mamanya yang sekeras batu.

Aku nyerah (untuk yang ke ratusan kalinya). Aku tau. Mengharapkan mereka sama kayak lagunya Anggun. Snow on The Sahara. Mungkin terjadi, tapi nggak akan selamanya dan butuh keajaiban besar.

Aku nggak akan berusaha lagi. Karena aku tahu. Bakalan ada sebuah keluarga yang cocok untukku. Bukan keluarga yang penuh tipu daya kayak gitu. Tapi keluarga yang memilihku karena aku spesial. Keluarga yang nyadarin betapa beruntungnya mereka atas kedatanganku. Kelak aku juga percaya akan ada seorang wanita yang bakal memintaku untuk menjadi pendamping anaknya. Wanita spesial yang juga menyayangiku seperti layaknya Bunda yang menyayangi anaknya sendiri.

Dan aku akan senang bertemu dengannya.
Walau nyatanya sudah ada, hanya saja aku belum bisa bertemu muka langsung dengannya. Aku harap kami bisa bertemu di kesempatan. Dan aku bakal dengan bangga nunjukin ke orang2 itu betapa bahagianya aku saat itu.



Share:

0 komentar