Masa Lalu, Masa Depan. Past Which Brings Me To The Future


”Aku tidak pernah percaya adanya hal itu. Hingga sekarang. Sebutlah aku orang yang apatis dan tak mengenal keajaiban. Namun dia membuat apa yang kini kuyakini hanya sebuah iman kecil yang tak pernah kubagi dengan siapapun. Mengetuk hati terdalam sampai aku kehilangan semua kata-kataku yang kupersiapkan demi pembelaan yang semu. “


Awalnya aku sama seperti cewek-cewek remaja lain yang sedang ngalamin apa yang disebut masa pubertas. Mulai dari cewek kucel yang nggak pernah tau arti kosmetik, pake baju serampangan, rambut bau matahari karena kebanyakan maen di luar, dan sama sekali nggak peduli penampilan. Tapi semenjak masa itu, aku bisa dikatakan berubah dan mengganti semua mainanku yang awalnya berbentuk mainan khas anak-anak kecil menjadi seperangkat produk perawatan kecantikan. Percaya nggak kalo aku dulu item banget, dan bener-bener lusuh ampek nggak ada bedanya ama lap dapur -_-“. Sayang aku nggak punya koleksi foto-foto zaman segitu karena dulu nggak doyan narsis-narsisan kayak sekarang. Hehehehe. Singkatnya nih, aku sedikit demi sedikit berubah dan tau potensiku yang sesungguhnya.

“Ternyata aku cantik juga ya…” Gitulah yang aku batin dalam hati kalo liat cermin. Hehehe. Dilahirkan dengan (katanya) membawa gen sedikit Persia dan (desas-desusnya) Belanda, tentu bisa jadi nilai plus dong. Ayahku ganteng loh. Mirip abangku waktu mudanya.

Itu abang aku. Yah, kira-kira mirip gitudeh. Tinggal bayangin aja abangku kalo 20tahun lagi :p

Nah kalo Bunda tuh mirip aku banget(katanya). Padahal aku sama sekali nggak tau letak miripnya -_-“

Nggak mirip kan? Hehehe. Apa? Mirip? Ya iyalah gue anaknya kali. Kalo mirip tetangga baru bahaya -___-“

Nah, karena alasan itulah beberapa orang mengkategorikanku sebagai golongan menengah ke atas di daftar orang-orang cantik. Padahal kalo tau kecilnya pasti bakal ilfil-__-
Kalo ditanya mulai kapan Fhay cantiknya, mungkin bisa dijawab sejak kelas 2 SMP. Kenapa? Karena walaupun tomboy(sifat asli yang kadang suka keluar tanpa permisi mirip kentut gitudeh), aku udah bisa sedikit merubah penampilan. Rambut yang biasanya dipotong nggak lebih panjang dari sebahu, kini aku panjangin ampe pinggang(dan bikin ngiri anak-anak), terus aku udah make lotion yg (katanya) bisa bikin putih, make pelembab wajah biar nggak kering, de el el. Dan akhirnya, inilah saya saat menjelang kelulusan SMP

Wkwkwk. Masih cupu ya? Tuh seragam paling inget suka kena razia. Nggak pernah masuk ke rok, dan roknya asli minim banget padahal peraturan tegas banget bilang kalo rok harus di bawah lutut. (Bah, nggak masuk akal).

Jaman kalo mbolos nih. Di kantin Bu Am. Hahahaha. Ibu-ibu yang suka ngomong vulgar pas jualan-__-“. Tapi tetep aja Bu Am is number one, selalu aja kantinnya full walopun jam pelajaran sekalipun :p

Dan ini foto terakhir di gedung sekolah sebelum kelulusan SMP. (eh itu sebenernya rambutku panjang banget ke belakang loh, :D). Oh ya, macam ni lah style saya di SMP dulu. Sepanjang apapun, dimodel apapun, ciri khasnya adalah poni depan yang lurus nutupin dahi. Hahahaha. Imut ya? :p
Cantik? Cantik? Cantik nggak? Cantik kan? Cantik dong. Iyakan? Iyadong. *sambil nodongin pisau*
Hehehehe. Pokonya lumayan lah. Nggak jelek-jelek amat kan? :D iyalah, berkat kecanggihan kosmetik. Berterimakasihlah pada produk-produk pemutih itu. *sujud*

Padahal ya, aku lakuin itu demi seseorang loh asal tau aja. Hahaha kaget Fhay bisa berubah demi seseorang? Yups. Itu juga jawaban buat pertanyaan kenapa perubahanku secara drastis terjadi waktu kelas 2 SMP.

Aku masih inget kejadian itu. Dan nggak akan aku lupain seumur hidup (maybe juga akan aku ceritain ke anak-anakku kelak) kronologis kejadian yang pada akhirnya ngerubah cara pandangku secara keseluruhan.

Aku bukan tipikal cewek yang gampang dapet pacar. Nggak tau kenapa. Banyak yang deketin sih. Tapi entah kenapa nggak pernah berhasil. Mungkin gara-gara aku ‘dideketin’ dan bukan sebaliknya.
Mendekati? Yap. Bisa dibilang aku nggak pernah bener-bener suka sama cowok. Pernah sih pernah. Tapi cuma sekedar ngegebet dan ngagumin aja. Nggak seperti waktu itu.

Kelas 2 ku dulu ada di 8C. kelas paling strategis bisa dibilang. Samping kanan ruang kepsek gabung ruang guru, atas ruang MultiMedia, depan UKS, belakang Musholla, belakang dikit lagi lapangan basket, miring dikit toilet, maju dikit kopsis, depan kelas ada tempat duduk asyik yang berhadapan ama UKS n kopsis yang punya bangku sendiri. Pokonya bener-bener special deh.
I had terrible situation that day, pikiranku kacau, desperate dan bener-bener tertekan. Akhirnya aku ke toilet dan nangis sepuasnya disana. Ditemenin temenku yang aku masih inget namanya Nurul. That was a bad bad bad day.

‘Till I saw you.

Aku nggak percaya ama cinta pada pandangan pertama. Aku nggak percaya ama kata-kata di novel yang sering aku baca kalo pas cinta kayak gitu, waktu seakan berhenti, angin sepoi-sepoi berhembus, yang lain lalu lalang nggak jelas. Yang jelas Cuma dia. Bah!

Tapi akhirnya aku percaya.

Karena cowok berambut jabrik keren dan chubby itu duduk dalam posisi super kuereeeeeeeeeeeeeen. matanya tajam, cool, dan cuek. Seragam biru-putih nya rapi tanpa kusut tapi entah kenapa malah keliatan menarik(padahal aku anti-kerapian). Aku nggak pernah liat dia di sekitar sana sebelumnya. Sebelum satu Februari waktu itu. (Hebat! aku bahkan masih ingat tanggalnya!).

Aku nyoba nyari-nyari pengenal yang bisa dijadiin bahan acuan. Tapi aku nggak liat ada badge nama di sebelah kanan kemejanya. Yang aku tau di lengan kanannya ada satu badge penting.

Trapesium berwarna kuning yang bertuliskan huruf C besar sperti punyaku. Hanya saja miliknya berwarna hijau dan bertuliskan A besar.

Dia masih kelas satu.

Alias adek kelas aku.

Jedhyeeeeng!!! Hal yang terlintas adalah: BRONDONG!!!!!!!!

Kau tau, rasanya naksir dan mencintai itu bener-bener menyenangkan? Kau nggak pernah bertemu buat bertegur sapa, nggak ada komunikasi sedikitpun, tapi jantungmu jadi bertambah asupan adrenalinnya kalo tiap dia lewat atau pas beradu pandang saling buang muka sambil merona-rona dikit. Nggak masuk dicariin, nunggu dia lewat kelasku, kalo ketemu di kantin pura-pura gak liat san salting sendiri.

Kita pernah juga jadi pasangan pas karnaval. Entah nggak tau kenapa bener-bener kebetulan banget. Kita sama-sama kabur dari pemilihan (sebenernya sih paksaan), tapi akhirnya kepergok dan diseret ke lapangan buat dikumpulin.
Na’asnya aku disuruh jadi Belanda (can u imagine? Blonde wavy haired, deep makeup, and white gown -___-). Guru tuh Bener-bener  bisa bikin nggak semangat deh ya sebenernya.
Tapi beda ceritanya kalo tiba-tiba dia diseret menuju barisanku. Dan jadi pasanganku!!!!!!!! What?! Bener2 mukjizat kan? :D. hhahaha walopun jadi pasangan, jangan dikira kita langsung akrab dan ngobrol.

NO. nggak ada satu kata pun yang bisa aku katain buat ice-breaking. Dan tentu aja dia juga gitu. Kalo udah gitu, aku jadi ngerasa goblok. Otakku serasa lumer kayak mentega yang dipanasin di teflon.

Hingga pas hari H, aku komplit dengan gaun lebar (mirip gaun pernikahan) putih, rambutku udah diikalin, dan disemprot warna kuning pirang. (but trust me, I don’t wanna see him with those-funny-silly-things like that-____-“).
Nyampe di start, aku nyari-nyari tu anak. Secara dia pasanganku gituloh. Barisan udah mau jalan tuh jam segitu karena rombongan SMP kami dapet nomor urut awal.

Finally, dia muncul di detik-detik terakhir. He wore an army suit, berantakan seperti biasa, dengan rambut jabrik kerennya yang udah berganti warna. Aku Cuma bisa melongo kayak orang pelo. Padahal dalam hati pengen teriak,
GANTEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEENG!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
Sumpah baru pertama kali itu ngerasain kayak gitu. Bahkan temen-temen sesekolahan pada tau-__-“. (percaya nggak pas dia lewat, temen-temenku sekelas pada nyanyi lagunya Roulette yang Aku Jatuh Cinta nggak peduli lagi pelajaran or ada guru loh). Kalo nggak ngeliat dia sehari aja nggak enak. Bisa dibilang waktu itu, dia yang bikin aku semangat masuk sekolah walau badanku lagi sakit sekalipun.


Semua kayak gitu terjadi selama 9bulan. Sampek aku naik kelas 9. Dan kebetulan menyenangkan lainnya adalah, dia kelas 8E. Alias berseberangan dengan Cuma dibatesin taman tengah. Aku duduk di depan sendiri ngadep pintu. Dan dia duduk di belakang sendiri tepat jendela. Jadi tiap pelajaran, kita saling liat-liatan karena posisi kita bener-bener strategis lurus segaris. Hahahaha ya ampuuun. Kalo inget itu sumpah jadi senyum-senyum sendiri.



Akhirnya logika mulai muncul di kepalaku yang selama ini ketutup entah-apa sejak ada dia. aku inget waktu itu tanggal satu Oktober (sip, udah 9bulan persis aku naksir dia. kalo bahasa ibu hamil, seumur gitu udah lahir anaknya-_-). Dan aku mulai mikirin satu tindakan tergila yang pernah terlintas di otakku.

Aku berencana nembak dia.

Huahahahaha ya ampuuuun. Gila banget kan?

Abis, kita nggak pernah contact, nggak pernah ngobrol, nggak ada kejelasan sama sekali. Pikirku: aku abis ini lulus, masak aku bakal diem aja mendem cinta yang kalo nggak dikatakan bikin mules-mules kayak ibu-ibu pecah ketuban -_-v.

Untungnya rencanaku didukung 100% sama anak-anak satu sekolah. (nahlo, kenapa bisa satu sekolah yang tau? Mana kutauk!)

Kejadiannya nggak usah diceritain deh. :p abis the most embarassing moment banget tuh. Hahaha. Intinya:
Hari/Tanggal: Sabtu, 25 Oktober
Waktu           : Pulang sekolah (13.15 WIB)
Lokasi            : Bu Am
Saksi              : Ayu Puspyta Rany, Bu Am, anaknya Bu Am, Paundra Rifky Bramantyo (itu yang aku inget-_-)
Wkwkwkwkwk. Acaranya nggak sampek 15 menit kok. Hasilnya…hasilnya…kasi tau nggak ya……..hihihihi.



Ya diterima lah. :p Alhamdulillah ya sesuatu banget. Haahahaha bener-bener 9 bulan yang lama banget. Dia bilang dia juga suka aku waktu aku kelas 2 kemarin. Waktu dia tau aku suka dia. Tau gitu ya, nggak bakal nunggu 9bulan deh. :p

Tapi, Masa pacaran kita ternyata nggak semudah nembaknya. Nggak usah diceritain gimana serunya pacaran kami yang Cuma 2bulan itu :’). Gara-gara Kurangnya komunikasi bikin kita ngerasa hambar. so, Atas keinginan bersama, kita sepakat putus. Putus baik-baik. :’) Tanpa dendam, tanpa amarah. Cuma kecewa berat. Waktu itu aku rada egois dengan berharap dia pegang tanganku, nyoba ngeyakinin aku, dan bilang agar aku bertahan. Pasti saat itu aku bakal bertahan. But, nyatanya, dia ngebiarin aku pergi. Finally aku mulai nyadarin sesuatu. Mungkin ne anak nggak bener-bener sayang sama aku. Nggak bener-bener sayang seperti sayangku ke dia.

Aku move on. Nyoba nggak liat ke arah jendela kelas 8E lagi, nyoba nggak dengerin lagu-lagu yang kita berdua pernah nyanyiin, nyoba nggak nangis waktu pelajaran IPS sejarah nyebutin salah satu dewa agama Hindu, bahkan aku nggak makan permen Kis (yang nggak cuman wangi, tapi juga bisa ngomong) lagi karena kita biasa tuker-tukeran kata-kata lewat permen itu. 

Aku move on kok. Ups. Berusaha move on ding. Susah emang. Bener-bener susah. Dia bener-bener keajaibanku. Kami sama-sama lahir di tanggal 29. Aku Januari dia Oktober. Selisih umur kami 9bulan. Aku naksir selama 9bulan. Dia pacar pertamaku, aku pacar pertama dia. Dan kita nyaris sama dalam setiap hal.

Sampai aku lulus dengan nilai tertinggi dan dapet penghargaan. Aku harap dia jadi yang pertama ngucapin selamat. Aku harap dia nyapa aku lagi kalau nggak ngasih senyum aja cukup. Aku harap dia bilang satu kata aja sebelum aku lulus. Aku bahkan berharap dia datang waktu acara perpisahanku karena aku punya sesuatu yang mau aku kasih ke dia. Tapi dia nggak datang ;’). Terakhir kali aku liat dia adalah pas sebelum UAN. Waktu dimana anak kelas 8 mau diliburin. (FYI, aku UAN di ruangan 8E. Tau kan gimana rasanya ngerjain soal dimana orang yang paling kamu sayang juga belajar di atap yang sama dan tempat dimana kita saling pandang lewat jendela dulu). Hahaha. Payah banget ya.

Usaha move on ku berhasil. Satu setengah taun kemudian aku udah bisa bener-bener lupa (secara utuh, karena walaupun aku pacaran dengan orang lain, tetep aja masih sayang jauh di lubuk hati. Eaaa). Liat kan? Butuh berapa lama aku bisa move on dari orang yang bisa jadi yang disebut sebagai cinta pertama. First love.

Dia itu dewa. Sesuai namanya. Dewa penjaga, dan pemelihara. Aku sampai sekarang masih ingat setiap detil yang pernah terjadi antara aku dan dia. Dia pake baju apa, pernah kemana aja, tanggal berapa kami hang out, kebiasaannya main game online. Aku sayang dia. Sampai sekarang. Dia emang dewa penjaga, jagain perasaanku yang tetep nggak berubah buat dia sejak dulu.

Itu terakhir kalinya aku ngerasain rasanya mencintai. Pertama dan terakhir. Cinta-cinta seterusnya memang ada. Tapi sejak perpisahan itu aku udah janji ama diriku sendiri. Nggak akan mencintai orang lagi seperti aku mencintainya. Cukup dia jadi orang yang beruntung dapetin cintaku yang segitu banyak yang pernah aku kasih ke orang lain. Cukup dia yang ngerasain rasanya dicintai orang macem aku.

Oleh karena itu, cinta-cinta selanjutnya nggak sama lagi. Aku nggak pernah suka sama anak alias naksir selama 9bulan lagi, nggak dag dig dug waktu dia lewat, nggak pernah inget tanggal2 spesial, nggak pernah nggambar jendela tempat kita pandang2an lagi, nggak pernah nyari-nyari tau segala tentang cowo manapun.

Mereka berdatangan, mereka mendekati, mereka bilang kalau mereka cinta aku. Aku tau. Tapi rasanya nggak sama. Mungkin memang sepatutnya aku diperlakukan selayak ini. Lebih banyak menerima daripada memberi. Didekati bukan mendekati. Dicintai, bukan mencintai.

Walau mencintai itu lebih menyenangkan, lebih membuatmu ngerasa hidup, ngerasa jadi manusia, lebih bikin hidup berwarna, aku lebih suka dicintai. Karena dengan dicintai, kita bisa menghargai diri sendiri, ngerasa nggak kesepian, dan yang pasti nggak akan takut kehilangan atau berharap terlalu tinggi yang akhirnya mematikan.

That’s why hingga detik ini, aku nggak pernah jatuh cinta lagi. Cinta yang aku alami setelahnya adalah cinta yang sengaja ditumbuhkan. Yaitu berusaha mencintai orang yang mencintaiku. Aku bisa menumbuhkan cinta hanya dengan menerimanya aja. Cinta itu sesudah, bukan sebelum. Itu yang aku pegang sampai sekarang.

Makanya, dari kisah di atas, aku percaya akan adanya cinta pada pandangan pertama. Karena aku udah pernah ngalamin sendiri. Tapi karena udah terkubur dan nggak pernah terjadi lagi, aku bahkan udah lupa kayak apa rasanya.
.............................................................................................


Kalau bukan KAU yang mengingatkanku. Membuka lembaran kenangan sekian tahun lalu dimana aku merasakan apa yang KAU rasakan saat ini. Awalnya aku memang masih belum percaya, tapi KAU tunjukkan padaku seperti apa rasanya lagi. Menyeretku untuk bisa mengerti dan memasukkannya ke atas logika kepalaku.
Cinta pada pandangan pertama, love at first sight, kini aku tahu. Saat kau merasakan hal yang kuat, yang bukan karena tubuh kurusnya, perawakannya yang semampai, wajahnya yang indah, senyumnya yang lebar, tatapan matanya yang lembut, atau hal-hal lain. Sama saat aku merasakannya beberapa tahun lalu. Bukan karena seragam putih birunya, bukan karena rambut jabriknya yang keren, bukan karena tatapan tajam matanya. Tapi karena aku tak punya alasan kenapa aku merasakannya, kenapa aku rela berkorban untuknya, kenapa aku menerima dia apa adanya, kenapa aku tidak bisa lupa hingga saat ini.
Semuanya karena tanpa alasan. Itulah rasa yang terbesar yang pernah aku tahu. Bukan karena kastanya, tahtanya, hartanya. Bukan karena SIAPA dia, APA yang dipakainya dan dilakukannya, BAGAIMANA latar belakang keluarganya dan masa lalunya.
Aku paham saat ini. Bahkan walau kita tidak pernah berbicara, walaupun aku tidak tau siapa dan seperti apa dirimu, aku tahu maksudmu. Aku tahu alasanmu memilihku dari sekian banyak gadis lain. Mungkin 1 Februari saat aku masih berseragam putih biru waktu itu yang terjadi padamu sampai-sampai KAU tidak peduli siapa aku, seperti apa diriku, apa yang pernah terjadi padaku di masa lalu, bagaimana sifat-sifatku, apa kesukaan dan ketidaksukaanku. KAU sama sekali tak mengenalku, TUAN.
Tapi aku tahu. Bahkan alasan kenapa aku menulis semua ini. Aku baru percaya lagi adanya hal semacam itu di dunia ini walau sebelumnya sempat menghilang dari ingatanku.
KAU yang memberitahuku.
Lewat keluargamu yang melihatku tertidur di kamar
Lewat ketidaktahuanku akan dirimu
Lewat ibundamu yang memintaku
Misteri tentang dirimu, yang membuatku tergelitik untuk mempercepat tahun-tahun yang akan berlalu
Yang membuat perubahan besar terhadap diriku
Ibarat Jibril yang membisikkan tekad di benakku
Layaknya Kasih Tuhan yang menuntunku
Kebutaanku terhadapmu membuatku selalu menyelipkan doa untukmu dalam setiap tarikan udara yang kuhirup
Semoga kita bisa bertemu
Lagi
Di saat yang lebih baik. Agar bibit itu bisa bertumbuh baik pula
Agar ada yang menjembatani selat mungil yang bisa menghubungkan diriku denganmu
Sementara aku melepaskan diri dengan belenggu-belenggu kotor, kumpulkan bintang-bintang itu
Hingga saat sinar perak gemerlap itu menyinari birunya laut dan putihnya pasir pantai di atas rumah putih di tebing hijau.......




Beautiful girl wherever you are
I knew when I saw you you had opened the door
I knew that I'd love again after a long long while
I'd love again.

You said hello and I turned to go
But something in your eyes left my heart beating so
I just knew that I'd love again after a long long while
I'd love again.

It was destiny's game
will love finally came on
I rushed in line only to find
That you were gone.

Whereever you are I fear that I might
Have lost you forever like a song in the night
Now that I've loved again after a long long while
I've loved again.

Beautiful girl I'll search on for you
'Til all of your loveliness in my heart come true
You've made me love again after a long long while
In love again
'And I'm glad that its you
beautiful girl
Beautiful Girl_Christian Bautista




Share:

0 komentar